ANALISA FAKTOR PEMILIHAN PROGRAM STUDI DENGAN METODE LINIER REGRESI BERGANDA DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Authors

  • Oktriana Siboro FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yunita Banjarnahor FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anita Gultom FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sardo Pardingotan Sipayung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

dukungan orangtua, mahasiswa, minat, pemilihan program studi, regresi linear berganda

Abstract

Pemilihan program studi merupakan keputusan penting bagi setiap mahasiswa yang akan mempengaruhi jalur karir masa depan mereka. Mahasiswa seringkali mengalami kebingungan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat, dukungan orangtua, akreditasi program studi, dan peluang kerja terhadap pemilihan program studi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas menggunakan metode regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan bagi mahasiswa fakultas ilmu komputer dengan 40 responden mahasiswa sebagai sampel, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner online dengan skala pengukuran yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan 4 variebel bebas yaitu terdiri dari minat(X1), dukungan orangtua(X2), akreditasi program studi(X3), peluang kerja(X4) dan satu variabel terikat yaitu pemilihan program studi(Y). Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dimana pengolahan data menggunakan Microsoft Excel

Author Biography

Oktriana Siboro, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

P. Simanihuruk and C. Manihuruk, "Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 program studi manajemen fakultas ekonomi universitas katolik santo thomas medan," J. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 25-44, 2023.

A. Rahman, A. Karsudjono, and L. Najmi, "Pengaruh pengetahuan, dukungan keluarga, dan minat mahasiswa terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah di jurusan akuntansi pada sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) pancasetia banjarmasin," J. Mitra Manajemen, vol. 3, no. 9, pp. 918-931, 2019.

Y. Iswahyuni, "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir menjadi akuntan publik oleh mahasiswa program studi akuntansi STIE AKA Semarang," J. Akuntansi Kajian Ilmiah Akuntansi, vol. 5, no. 1, pp. 33-44, 2018.

M. Mona, J. Kekenusa, and J. Prang, "Penggunaan regresi linear berganda untuk menganalisis pendapatan petani kelapa. studi kasus: petani kelapa di desa Beo, kecamatan Beo kabupaten Talaud," d'CARTESIAN: J. Matematika dan Aplikasi, vol. 4, no. 2, pp. 196-203, 2015.

M. Saputro, "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi," J. Pendidikan Informatika Dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 83-94, 2017.

Downloads

Published

2024-06-07

Issue

Section

Articles