Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android Pada SMK TKJ Yapim I Medan

Authors

  • Romanus Damanik Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sarlina Gulo Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Konrnelius Pandapotan Sinaga Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

Keywords:

SMK TKJ YAPIM 1 MEDAN, Pelatihan Android

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) merupakan sekolah yang khusus mengajarkan dan mendidik para siswa/i untuk menguasai dan mahir tentang Jaringan (Networking) pada bidang komputer. Para siswa/i dituntut untuk mampu menguasai pemasangan (instalasi) jaringan serta pengkabelan disaat instalasi berlangsung. Saat ini jaringan pada komputer sangat dibutuhkan pada dunia kerja khususnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang informasi dan teknologi (IT). Materi-materi pelatihan untuk para siswa/i juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Sistem operasi (Operating System) Android merupakan sistem operasi yang sangat populer saat ini khususnya pada perangkat-perangkat bergerak (mobile). Aplikasi-aplikasi yang saat ini populer juga sudah banyak yang mendukung sistem operasi (operating system) Android. Melihat permasalahan tersebut diatas, maka saya ingin mengadakan pelatihan untuk siswa/i  SMK TKJ Yapim I Medan dalam hal membekali pengetahuan siswa/i tentang pengenalan dan pembuatan aplikasi berbasis Android.

Author Biography

Romanus Damanik, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Dayat Suryana. 2018. Android Studio: Belajar Android Studio. Bandung: Pustaka Kreatif

Don, Pengertian Android dan Fungsinya, Agustus 21, 2010. (accessed 19 Juni 2020).

Fanani, A.Z., Arry Maulana Syarif. (2016), Mudah Membuat Mobile Application dengan Flash Lite 3.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ladjamudin, Al-Bahra. 2012. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Damanik, R. ., Gulo, S. ., & Sinaga, K. P. . (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android Pada SMK TKJ Yapim I Medan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(2), 77–79. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/1695

Issue

Section

Artikel