Pelatihan Pembelajaran Model Permainan untuk Pelajaran Muatan Lokal Aksara Batak pada Siswa SD Negeri 173403 Sirisirisi Kabupaten Humbang Hasundutan

Authors

  • Tonni Limbong Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Janner Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Pardomuan Simanullang Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v2i2.2426

Keywords:

Pelatihan, Muatan Lokal, Aksara Batak Toba, Model Permainan

Abstract

Dari data sensus kependudukan 2010 jumlah penduduk Indonesia adalah sebanyak 237.641.326 jiwa, suku Batak Sebanyak 3,58% yaitu sebanyak 8.466.969 jiwa terungkap bahwa pengguna Bahasa Batak hanya sebesar 43% yaitu sebesar 3.640.797 jiwa yang berarti hanya ada 43% orang Batak yang menggunakan bahasa ibunya dalam percakapan sehari-hari, jauh di bawah rata-rata etnis besar lainnya. Pembelajaran model konvensional saat ini sudah sangat membosankan bagi siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran sehingga perlu untuk berinovasi dalam menyampaikan materi dengan model-model pembelajaran yang baru dan menggunakan teknologi agar pembelajaran menyenangkan dan meningkatkan minat dari siswa. Pembelajaran model permainan saat ini terbukti berhasil dengan melihat maraknya model-model game sederhana dalam mendidik anak, sehingga pembelajaran aksara Batak Toba juga sudah saatnya disajikan juga dalam model permainan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran aksara Batak Toba.

Author Biography

Tonni Limbong, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

T. Limbong, A. Rikki, and D. M. Rajagukguk, “Pelatihan Office (Microsoft Word dan Microsoft Excel) untuk Anak-anak Panti Asuhan Yacan Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang,” Citra Abdimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, Jul. 2021, doi: 10.23917/KHIF.V4I1.5978.

G. Karimkhanlooei and H. Seifiniya, “Teaching Alphabet, Reading and Writing for Kids between 3-6 Years Old as a Second Language,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 192, pp. 769–777, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.06.090.

U. Kozok, “Sejarah Aksara Batak,” ulikozok.com, 2019. https://ulikozok.com/aksara-batak/sejarah-aksara-batak/ (accessed Jan. 26, 2020).

K. Mead, “Game-based Learning and Intrinsic Motivation,” Calif. State Univ. Fullerton,IDT 520, Sect. 09, 2011.

N. P. Theresia and M. J. Hasugian, “Pengenalan Tulisan Tangan Ina ni surat Aksara Batak Toba,” Semin. Nas. Teknol. Terap. SV UGM 2015, no. November 2015, 2016.

U. Kozok, “Belajar Aksara Batak,” https://ulikozok.com/aksara-batak/belajar-aksara-batak/, 2018. https://ulikozok.com/aksara-batak/belajar-aksara-batak/ (accessed Jan. 26, 2020).

B. Wang, X. Hu, P. Li, and P. S. Yu, “Cognitive structure learning model for hierarchical multi-label text classification,” Knowledge-Based Syst., vol. 218, p. 106876, 2021, doi: 10.1016/j.knosys.2021.106876.

Rebecca Rufo-Tepper, “Introducing Game-Based Learning ,” eutopia, Jun. 15, 2015. https://www.edutopia.org/blog/rolling-out-a-game-rebecca-rufo-tepper (accessed Nov. 19, 2022).

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Limbong, T., Simarmata, J. ., & Simanullang, P. . (2023). Pelatihan Pembelajaran Model Permainan untuk Pelajaran Muatan Lokal Aksara Batak pada Siswa SD Negeri 173403 Sirisirisi Kabupaten Humbang Hasundutan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.54367/ulead.v2i2.2426

Issue

Section

Ilmu Komputer