Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) Guna Memajukan UMKM Ibu Rumah Tangga Pada Kelurahan Teladan Timur Medan

Authors

  • Zekson Arizona Matondang STMIK KRISTEN NEUMANN INDONESIA
  • Doni El Rezen Purba Universitas Katolik Santo Thomas
  • Parasian D.P Silitonga Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Pemanfaatan Teknologi, UMKM, Kelurahan Teladan Timur Medan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Katolik Santo Thomas yang dilakukan oleh dosen di Fakultas Ilmu Komputer tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) Guna Memajukan Umkm Ibu Rumah Tangga Pada Kelurahan Teladan Timur Medan sangat membantu untuk menjawab permasalahan dalam memajukan usaha ibu rumah tangga, Dengan aplikasi yang telah dibangun untuk penjualan produk rumah tangga seperti jajanan, makanan ringan hingga usaha rumahan berupa rantangan, terdapat antusias para ibu rumah tangga namun terdapat beberapa kendala, umumnya pada pembuatan produk dalam model digital untuk di unggah ke dalam aplikasi, tetapi dengan seiring berjalannya waktu setelah dilakukan pelatihan-pelatihan yang cukup lama permasalahan tersebut bisa diselesaikan hingga para ibu rumah tangga di kelurahan teladan timur saat ini telah mampu menggunakan aplikasi penjualan usaha rumah tangga saat ini

References

Anton Ramdan, “Suskses Bisnis Online,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 289–295, 2020, doi: 10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

Siti Anugrahi Irawati " Ekonomi Kreatif dan UMKM Kuliner Pendongkrak Ekonomi Rakyat" Penerbit Media Nusa Kreatif 2023.

Rahmat Firdaus,“Tren Bisnis Digital” Penerbit Sondpedia Publishing Indonesia 2023. https://lpmpbengkulu.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-form-dalam-pembuatan-formulir-yang-ada-tanda-tangannya/ (accessed Mar. 07, 2022).

Rachmawan Budiarto “Pengembangan UMKM Antar Konseptual dan Pengalaman Praktis Penerbit Gajah Mada University Press 2015.

Cory Vidiaty “Manajemen Usaha Jasa" Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung 2023.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Matondang, Z. A., Rezen Purba, D. E. ., & Silitonga, P. D. . (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) Guna Memajukan UMKM Ibu Rumah Tangga Pada Kelurahan Teladan Timur Medan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 3(2), 40–46. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3319

Issue

Section

Artikel