Workshop Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PBL) untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia

Authors

  • Tonni Limbong FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Emerson Porman Malau FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Workshop, Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL),, Kualitas Pendidikan, ITB Indonesia, Metode Pengajaran, CPL dan CPMK,, Pendidikan Tinggi

Abstract

Workshop tentang model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) telah menjadi topik yang semakin relevan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Metode ini menekankan pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya workshop PBL bagi dosen di Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia, menganalisis manfaat yang diperoleh mahasiswa, dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya selain itu akan dapat mngukur indikator pencapaian CPL dan CPMK sebuah mata kuliah sehingga dapat mendukung Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia. Dengan meninjau literatur terkini dan studi kasus, artikel ini memberikan wawasan komprehensif mengenai efektivitas PBL dalam konteks pendidikan tinggi

Author Biography

Tonni Limbong, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369-398.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.

Buck Institute for Education. (2011). PBL Handbook: A Guide to Standards-Focused Project-Based Learning for Middle and High School Teachers.

Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2015). Gold Standard PBL: Essential Project Design Elements. Buck Institute for Education.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-333). Cambridge University Press.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Barron, B., & Darling-Hammond, L. (2008). Teaching for Meaningful Learning: A Review of Research on Inquiry-Based and Cooperative Learning. In R. Furger (Ed.), Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding (pp. 11-70). Jossey-Bass.

Strobel, J., & van Barneveld, A. (2009). When Is PBL More Effective? A Meta-Synthesis of Meta-Analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 44-58.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9-20.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Limbong, T., & Malau, E. P. (2024). Workshop Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PBL) untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 4(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3907

Issue

Section

Artikel