Workshop Rubrik Penilaian Berbasis OBE dan Implementasi Kurikulum OBE

Authors

  • Parasian D.P Silitonga Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Romanus Damanik Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Novriadi Antonius Siagian Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v4i2.4591

Keywords:

Kurikulum, Outcome Based Education (OBE), Rubrik Penilaian, Indikator Capaian Pembelajaran

Abstract

Penilaian dalam kurikulum berbasis outcome (OBE) menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa mahasiswa mencapai hasil pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, penilaian ini juga memberikan umpan balik kepada dosen dan mahasiswa tentang kemajuan belajar mereka. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran tersebut adalah dengan menyusun rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria atau indikator yang jelas dan terukur untuk setiap tingkat pencapaian. Rubrik penilaian diharapkan dapat memastikan objektivitas dan konsistensi pengukuruan pencapaian pada setiap pembelajaran.

References

Aptikom. (2020). Pengembangan Kurikulum KKNI Berdasarkan OBE Bidang Ilmu Informatika dan Komputer. In Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Vol. 1, Issue 1).

Herda. (n.d.). Dipercaya Sebagai Pemateri Dalam Workshop, Parasian D.P. Silitonga Apresiasi STMIK Kaputama.

Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). View of Outcome Based Education pada Kurikulum Merdeka_ Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Agama Islam.pdf. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).

Muzakir, M. I., & Susanto. (2023). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (Obe) Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118–139. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v2i1.86

Satria, M. R. (2024). Transformasi Standar Penilaian Pendidikan Dan Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 17(1), 57–66. https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.930

Setiono, S., Windyariani, S., & Juhanda, A. (2023). Implementasi Sistem Penilaian Berbasis Oucome Based Education di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.2617

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Silitonga, P. D., Damanik, R., & Siagian, N. A. (2025). Workshop Rubrik Penilaian Berbasis OBE dan Implementasi Kurikulum OBE. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 4(2), 84–87. https://doi.org/10.54367/ulead.v4i2.4591

Issue

Section

Ilmu Komputer