https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/issue/feedULEAD : Jurnal E-Pengabdian2025-04-24T05:56:03+02:00Wasit Gintingwasit_ginting@ust.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>ULEAD :Jurnal E-Pengabdian</strong> adalah media Publikasi untuk luaran dari Pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan pelatihan, penyuluhan, dan juga pendampingan masyarakat dalam bidang <strong>Ilmu Komputer</strong>.</p>https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4589Seminar Membangun Karakter Mahasiswa yang Unggul di Era Society 5.0 dengan Model "Dirandra Acalapati Nispatti"2025-02-03T18:09:10+01:00Tonni Limbongtonnilimbong@ust.ac.idMuhammad Iqbal Panjaitaniqbalpj87@gmail.comDenni M. Rajagukgukrajdenni@yahoo.co.id<p><em>The era of Society 5.0 requires students to possess strong, adaptive character and be ready to face rapid technological developments. This article discusses the implementation of the "Dirandra Acalapati Nispatti" model in building student character at Universitas Imelda Medan. This model focuses on the development of integrity, leadership, and skills in optimally utilizing technology. The study examines the implementation of seminars involving new students and faculty members as an effort to introduce values of character and skills relevant to the challenges of Society 5.0. The results show that this model effectively enhances students' leadership, communication, critical thinking, and innovation skills. Through an approach that integrates academic, social, and technological aspects, this seminar makes a positive contribution to shaping students' character, preparing them to compete in the workforce and adapt to societal changes. The study also highlights the crucial role of faculty in mentoring and developing students' competencies, as well as the importance of ongoing eval_uation to improve education quality in the digital age</em></p>2025-02-10T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 Tonni Limbong, Muhammad Iqbal Panjaitan, Denni M. Rajagukgukhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4569Pendampingan Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Di SMP Methodist-8 Medan2025-01-31T09:42:31+01:00Sardo Pardingotan Sipayunghanspricila@gmail.comPaska Marto Hasugianpaskapmh@gmail.comAlex Rikkialex_rikki@ust.ac.idLotar Mateus Sinagapinsarsiphom@gmail.comAnirma Kandida Br Gintinganirmakandidabrginting@gmail.com<p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP, terutama dalam mengatasi kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan kurangnya keterampilan guru. Melalui workshop dan pelatihan berbasis praktik langsung, guru dan staf sekolah memperoleh peningkatan kompetensi dalam pengelolaan teknis ANBK, termasuk konfigurasi sistem dan mitigasi kendala selama ujian. Hasil eval_uasi menunjukkan peningkatan kesiapan operasional sekolah dalam menyelenggarakan ANBK, sehingga program ini dapat dijadikan model yang dapat direplikasi di sekolah lain untuk mendukung kelancaran asesmen dan peningkatan mutu pendidikan</span></span></span></span></em></p>Copyright (c) 2025 Sardo Pardingotan Sipayung, Paska Marto Hasugian, Alex Rikki, Lotar Mateus Sinagahttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4511Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pembuatan Konten Edukatif Media Sosial di SMA Negeri 1 Onan Runggu Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir2025-01-16T04:02:31+01:00Andy Paul Harianjaapharianja@gmail.comSorang Pakpahansorangpakpahan@gmail.comZekson Arizona Matondangzeksonmatondang@gmail.comPaskalia Br Baruspaskaliabarus@gmail.com<div><span lang="id">Pengabdian ini membahas pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial untuk pembuatan konten edukatif di SMA Negeri 1 Onan Runggu, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir. Teknologi informasi memberikan peluang besar dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran melalui perangkat keras dan lunak yang mendukung. Media sosial, yang populer di kalangan remaja, digunakan sebagai sarana kreatif untuk menyampaikan materi pembelajaran secara interaktif dan menarik. Konten edukatif yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya literasi digital bagi pendidik dalam menghasilkan konten yang relevan dan inovatif. Studi kasus di SMA Negeri 1 Onan Runggu menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dan media sosial dapat mengoptimalkan pembelajaran, sekaligus memperkuat nilai-nilai kearifan lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kolaborasi antara pendidik, siswa, dan pihak terkait diperlukan untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi</span></div>2025-02-10T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 Andy Paul Harianja, Sorang Pakpahan, Zekson Arizona Matondang, Paskalia Br Barushttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4591Workshop Rubrik Penilaian Berbasis OBE dan Implementasi Kurikulum OBE2025-02-04T03:58:48+01:00Parasian D.P Silitongaparasianirenee@gmail.comRomanus Damanikrdfikom@gmail.comNovriadi Antonius Siagiannovriadisiagian@gmail.comHendra Sahputrasibolga28874@gmail.comDicky Syahputra Lubisdicky.lubis1981@gmail.com<p>Penilaian dalam kurikulum berbasis outcome (OBE) menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa mahasiswa mencapai hasil pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, penilaian ini juga memberikan umpan balik kepada dosen dan mahasiswa tentang kemajuan belajar mereka. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran tersebut adalah dengan menyusun rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria atau indikator yang jelas dan terukur untuk setiap tingkat pencapaian. Rubrik penilaian diharapkan dapat memastikan objektivitas dan konsistensi pengukuruan pencapaian pada setiap pembelajaran.</p>2025-04-24T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 Parasian D.P Silitonga, Romanus Damanik, Novriadi Antonius Siagianhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4614Pengenalan Teknologi Kecerdasan Buatan Sebagai Sarana Pendukung dalam Kegiatan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Onan Runggu2025-02-10T10:25:52+01:00Doni El Rezen Purbadonielrezenpurba@gmail.comEmerson Porman Malauemersonpmalau@gmail.com<p><em>Seiring dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam pendidikan menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Artikel ini membahas bagaimana AI dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang lebih personal, efisien, dan berbasis data di SMA Negeri 1 Onan Runggu, Kabupaten Samosir. Teknologi ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, seperti pembelajaran adaptif, chatbots untuk interaksi siswa, serta sistem penilaian otomatis yang memberikan umpan balik real-time. Meskipun banyak manfaat yang ditawarkan, tantangan dan risiko juga perlu diperhatikan, seperti ketergantungan berlebihan pada teknologi, kesenjangan dalam keterampilan digital, dan risiko terkait privasi data. Oleh karena itu, pelatihan yang memadai bagi guru dan siswa sangat penting untuk memaksimalkan pemanfaatan AI di sekolah. Dalam pengabdian masyarakat ini, berbagai program pelatihan, workshop, dan implementasi teknologi AI dilakukan untuk membantu SMA Negeri 1 Onan Runggu dalam mengoptimalkan potensi pendidikan berbasis teknologi. Diharapkan, program ini dapat mendorong transformasi digital di dunia pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa</em></p>2025-04-24T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 Doni El Rezen Purba, Emerson Porman Malauhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4616PKM Pembuatan Dan Pelatihan Aplikasi Pemilihan Bibit Lele Terbaik2025-02-11T04:53:46+01:00Nera Mayana Br Tariganneramayana658@gmail.comEviyanti Br Baruseviyanti1794@gmail.comBosker Sinagaboskersinaga@gmail.comAbdi Agustianta Sembiringabdisembiring@gmail.comNurika Sari Siregarsiregarnuri@gmail.com<p>Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendukung para pembudidaya ikan lele dalam memilih bibit unggul dengan memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi. Kendala utama yang sering dihadapi adalah minimnya pemahaman dalam menentukan kualitas bibit yang baik, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya tingkat keberhasilan dalam budidaya. Kegiatan ini mencakup pengembangan serta pelatihan penggunaan aplikasi yang dirancang untuk membantu proses seleksi bibit lele berdasarkan sejumlah kriteria, seperti ukuran, kesehatan, dan tingkat kelincahan ikan. Pelaksanaan program dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari perancangan aplikasi, pengujian, hingga sosialisasi dan pelatihan kepada pembudidaya. Berdasarkan hasil pelaksanaan, aplikasi yang dikembangkan terbukti mampu meningkatkan efisiensi dalam pemilihan bibit serta memperluas wawasan peserta mengenai karakteristik bibit lele berkualitas. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan produktivitas dan keberlanjutan usaha budidaya lele di kalangan masyarakat.</p>2025-04-24T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 Nera Mayana Br Tarigan, Bosker Sinaga, Abdi Agustianta Sembiring, Nurika Sari Siregarhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4639Efforts to Improve Economic Literacy in Students of Kalam Kudus Christian High School in Welcoming the Era of Society 5.02025-02-17T01:14:05+01:00Lasma Siagianlasmasiagian@uhn.ac.idSarina Sihombingsarinasihombing@uhn.ac.idNetty Winda Sari Nababannettywindasarinababan@uhn.ac.id<p>This community service initiative focuses on improving economic literacy among students of SMA Kristen Kalam Kudus as preparation for facing challenges and opportunities in the era of Society 5.0. Society 5.0, a concept that emphasizes the integration of advanced technology with social systems, demands a workforce that is not only skilled in technology but also economically literate. This program aims to equip students with essential economic knowledge and skills, as well as enhance their understanding of financial concepts, entrepreneurship, and the digital economy. Through workshops, interactive discussions, and practical applications, this initiative provides students with the tools they need to navigate and succeed in an increasingly digital and connected world. This effort contributes to shaping a generation that is able to make informed economic decisions, thus supporting their personal and professional development in the context of Society 5.0.</p>2025-04-24T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 Lasma Siagian, Sarina Sihombing, Netty Winda Sari Nababanhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4642Pemanfaatan IT di Waktu Luang Bagi Siswa/I Asrama SMA/SMK Skylandsea YAPPSU2025-02-17T18:31:42+01:00Desinta Purbadesinta.poerba@yahoo.comEmerson Porman Malaumalauemerson@gmail.comMasdiana Sagalamasdianasql@gmail.com<p>SMA/SMK Skylandsea YAPPSU Lubuk Pakam adalah sekolah menengah kejuruan di bawah naungan Yayasan Pengembangan Profesi Sumatera Utara (YAPPSU) beralamat di Jalan Medan - Lubuk Pakam km 24,5 Penara Kabupaten Deli Serdang - Sumatera Utara. SMK Skylandsea membuka dua jurusan: Salah satu fasilitas yang disediakan oleh sekolah adalah asrama bagi siswa/i SMA/SMK Skylandsea. Asrama bagi siswa/i SMK Skylandsea berada di Gedung sekolah tersebut. Siswa/I yang berada di sekolah tersebut bisa tinggal di asrama yang disediakan oleh pemilik sekolah, dengan membayar biaya yang ditentukan. Bagi siswa/i yang tinggal di asrama sekolah tersebut aktifitas yang dilaksanakan didalam asrama kurang terstruktur. Kebebasan penggunaan handphone terkadang membuat siswa/I bermain game.</p>2025-04-24T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 Desinta Purba, Emerson Porman Malau