https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/issue/feedULEAD : Jurnal E-Pengabdian2024-08-15T04:36:07+02:00Wasit Gintingwasit_ginting@ust.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>ULEAD :Jurnal E-Pengabdian</strong> adalah media Publikasi untuk luaran dari Pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan pelatihan, penyuluhan, dan juga pendampingan masyarakat dalam bidang <strong>Ilmu Komputer</strong>.</p>https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3907Workshop Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PBL) untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia2024-07-12T13:13:53+02:00Tonni Limbongtonnilimbong@ust.ac.idEmerson Porman Malaumalauemerson@gmail.com<p><em>Workshop tentang model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) telah menjadi topik yang semakin relevan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Metode ini menekankan pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya workshop PBL bagi dosen di Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia, menganalisis manfaat yang diperoleh mahasiswa, dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya selain itu akan dapat mngukur indikator pencapaian CPL dan CPMK sebuah mata kuliah sehingga dapat mendukung Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia. Dengan meninjau literatur terkini dan studi kasus, artikel ini memberikan wawasan komprehensif mengenai efektivitas PBL dalam konteks pendidikan tinggi</em></p>2024-07-12T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 ULEAD : Jurnal E-Pengabdianhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3916Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome Based Educatioan (OBE) di STMIK Kaputama Binjai2024-07-15T11:27:43+02:00Parasian D.P Silitongaparasianirene@gmail.com<p><em>Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) merupakan pendekatan dalam sistem pendidikan dengan fokus dan tujuan yang jelas sehingga kompetensi yang penting dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dapat dicapai. Kurikulum OBE adalah kurikulum yang menitikberatkan pada capaian pembelajaran yang jelas dan terukur, serta memastikan ketercapaian pembelajaran tersebut. Tujuan pendidikan berbasis outcome adalah untuk menghasilkan lulusan dengan profil profesional dengan seperangkat standar kriteria kemampuan yang ditetapkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), serta capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang dirumuskan dengan mengacu pada visi misi perguruan tinggi.</em></p>2024-07-15T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 ULEAD : Jurnal E-Pengabdianhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3932PKM Pelatihan Penggunaan Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru SDN 155678 Hutanabolon 2 Kelurahan Hutanabolon Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah2024-07-20T04:38:19+02:00Yusi Tri Utari Panggabeanyusitriutari@gmail.comRahmadiah Hanumrahmadiahhanum@gmail.comAtika Aini Nasutionatikanasutionn@gmail.comPaska Marto Hasugianselarassarahono@gmail.com<p><em>The utilization of Word Wall as an interactive learning media holds great potential to enhance learning effectiveness in classrooms. The objective of this service is to provide training to teachers on the concepts, implementation, and benefits of using Word Wall within the context of active learning. Training methods employed include theoretical sessions, practical demonstrations, and collaborative discussions aimed at building understanding and practical skills. eval_uation results indicate that this training effectively expands teachers' knowledge and skills in utilizing Word Wall as an interactive learning tool, actively supporting student learning. This study highlights the importance of developing teachers' abilities to leverage educational technology in creating stimulating and inclusive learning environments.</em></p>2024-07-20T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 ULEAD : Jurnal E-Pengabdianhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3936Pelatihan Train dan Test Deteksi Objek dengan Yolo dan Google Colab di Madrasah Mutawassithah Al-‘Aliy (MMA) Pondok Pesantren Ats-Tsaqofiy2024-07-22T09:53:53+02:00Hery Sunandarherysun1975@gmail.comYasir Hasanyasirhasan.kom@gmail.com<p><em>Pelatihan "Train dan Test Deteksi Objek" di Pondok Pesantren Ats Tsaqofiy bertujuan memperkenalkan konsep dan praktik deteksi objek kepada peserta. Kemajuan teknologi deteksi objek memiliki dampak penting dalam berbagai bidang. Pelatihan ini bermaksud untuk memenuhi kebutuhan akan pengetahuan dan keterampilan di bidang ini, membekali peserta dengan kemampuan beradaptasi dengan perkembangan masa depan. Pelatihan ini mengadopsi pendekatan praktis, membahas dasar deteksi objek, teknik pelatihan model, dan penggunaan dataset dari gambar. Peserta diajarkan tentang metode YOLO menggunakan Python dengan Google Colab. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta memiliki pemahaman lebih baik tentang deteksi objek pada gambar dan keterampilan implementasi. Ini membuka peluang kontribusi mereka dalam pengembangan teknologi deteksi objek dan penerapannya di berbagai bidang.</em></p>2024-07-22T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 ULEAD : Jurnal E-Pengabdianhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3974Membangun Literasi Kewirausahaan Pada Siswa SMA Swasta Eka Prasetya Medan2024-08-07T23:55:30+02:00Lasma Siagianlasma.siagian@uhn.ac.idIndah Doa Tambunanindahdoa.tambunan@uhn.ac.idSupriyandisupriyandi@uhn.ac.id<p><em>Pengabdian ini bertujuan untuk membangun literasi kewirausahaan pada siswa SMA Swasta Eka Prasetya Medan, dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi kewirausahaan di kalangan siswa yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk berinovasi dan bersaing di dunia kerja. Urgensi pengabdian ini terletak pada pentingnya mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan kewirausahaan sejak dini untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait program kewirausahaan yang diterapkan di sekolah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program literasi kewirausahaan yang diterapkan secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep kewirausahaan dan keterampilan praktis mereka dalam merancang serta menjalankan proyek bisnis sederhana, selain meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Integrasi program literasi kewirausahaan dalam kurikulum sekolah menengah atas memberikan dampak positif terhadap keterampilan dan kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja.</em></p>2024-07-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 Lasma Siagian, Indah Doa Tambunan, Supriyandihttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3992Pembelajaran Geometri Tentang Garis dan Sudut Kepada Anak-anak Asuh di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan2024-08-09T11:22:04+02:00Kennedi Tampubolonkenned.tampubolon@gmail.comChandra Frenki Sianturichandrafrenki83sianturi@gmail.comPilipus Tariganpilipustarigans@gmail.com<p><em>Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi suatu keharusan bagi seorang pendidik khususnya untuk setiap dosen professional. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan implementasi unsur unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berisi: Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada kesempatan ini kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kembali dilaksanakan di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan dalam rangka pengembangan pengetahuan anak anak dibidang Geometri tentang Garis dan Sudut. Pengetahuan tentang Garis dan Sudut adalah dasar untuk meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bentuk dan sifat bangun Geometri khususnya bidang datar. Konsep Materi yang di paparkan selama pelaksanaan PKM ini adalah untuk mendukung konsep materi yang sudah di berikan kepada anak anak Panti Asuhan pada pelaksanaan PKM sebelumnya yakni Pembelajaran tentang Ragam dan Bentuk Bangun datar dan Ruang. Sehingg kemampuan kognitif anak anak dibidang Geometri semakin meningkat. Implikasinya dalam pendidikan formal ilmu pengetahuan anak anak Panti Asuhan dapat sejajar dengan anak anak peserta didik lainnya. Dalam pelaksanaan PKM ini team pelaksana melakukan kolaborasi antar perguruan tinggi untuk menjalin kerjasama yang baik kedepannya. Kiranya apa yang telah Team PKM perbuat pada kesempatan ini semakin menambah semangat dan gairah belajar anak-anak Panti Asuhan Talenta Delpita Meda</em></p>2024-07-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 Kennedi Tampubolon, Chandra Frenki Sianturi, Pilipus Tariganhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3998Pendampingan Tata Kelola Open Journal System (OJS) Menuju Akreditasi Jurnal Nasional di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) Universitas HKBP Nommensen Medan2024-08-10T22:53:46+02:00Alex Rikkialexrikisinaga@gmail.comSorang Pakpahansorang_pakpahan@ust.ac.idAndy Paul Harianjaapharianja@gmail.comAzarya N J Siahaanskatemelodicpunkpop88@gmail.comDoni El Rezen Purbadonielrezenpurba@gmail.comParulian Siagianparulian.nommensen@gmail.comMuhammad Iqbal Batubaraiqbalbatubara@gmail.com<p><em>Pendampingan dilaksanakan dalam bentuk workshop selama satu hari dengan mengikutsertakan dosen dan staf administrasi dari berbagai prodi lembaga penelitian. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan tentang OJS, langkah-langkah dalam mengelola OJS, praktik langsung dalam menggunakan OJS, serta strategi untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas jurnal yang diterbitkan melalui OJS. Pelatihan manajemen pengelolaan dan pendampingan penggunaan OJS telah memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis peserta dalam mengelola jurnal ilmiah secara daring. Dengan demikian, disarankan untuk melanjutkan pelaksanaan pelatihan semacam ini dengan melibatkan lebih banyak peserta dari berbagai disiplin ilmu dan institusi pendidikan.</em></p>2024-07-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 Alex Rikki, Sorang Pakpahan, Andy Paul Harianja, Azarya N J Siahaan, Doni El Rezen Purba, Parulian Siagian, Muhammad Iqbal Batubarahttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4010Pengenalan Fitur-Fitur Komputer dan Literasi Digital Bagi Siswa SMA Swasta Cerdas Bangsa 2024-08-14T09:39:30+02:00Meri Nova Marito Br Sipahutarmerinovamarito@yahoo.comAde Linhar P adelinhar22@gmail.comRatna Wati Simbolonratna@umbp.ac.idJaidup Banjarnahormarbun2005@gmail.com<p><em>Dengan menguasai literasi digital, siswa akan lebih efisien dalam mencari informasi, mengerjakan tugas, dan berkomunikasi dengan teman dan guru melalui platform digital. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas belajar mereka. Banyak pekerjaan saat ini membutuhkan keterampilan komputer dan literasi digital yang kuat. </em><em>Pada kegiatan ini, pelatihan di fokuskan</em><em> kepada masyarakat sekolah dalam menguasai literasi digital. </em><em>Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah</em> <em>memudahkan siswa/i untuk mempelajari dalam menggunakan teknologi informasi secara benar, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fitur-fitur komputer dan literasi digital kepada masyarakat luas, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan kebijakan atau program pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi informasi di era digital ini. Hasil dari kegiatan PkM ini diharapkan siswa akan lebih memahami pentingnya privasi online, etika dalam penggunaan teknologi, dan cara-cara menjaga keamanan informasi pribadi mereka di dunia digital yang serba terhubung. Dengan demikian sekolah dapat membantu mengurangi kesenjangan digital antara siswa yang memiliki akses teknologi dan yang tidak memiliki akses, sehingga semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkan teknologi untuk belajar dan pengembangan diri.</em></p>2024-07-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 Meri Nova Marito Br Sipahutar, Ade Linhar P , Ratna Wati Simbolon, Jaidup Banjarnahorhttps://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/4025Pelatihan Siswa Untuk Menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Dalam Bidang Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Methodist-8 Medan2024-08-15T04:36:07+02:00Sardo Pardingotan Sipayunghanspricila@gmail.comMananda Ture Siburianmanandaturesiburian@atds.ac.idLotar Mateus Sinagalotasmateussinaga@ust.ac.idRichard Parlindungan Simanjuntakrichardparlindungan@gmail.com<p><em>Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMK dalam menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Program ini menyediakan pendalaman materi dan praktik intensif terkait instalasi, troubleshooting, dan simulasi ujian, yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi teknis siswa sesuai dengan standar UKK. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri siswa, yang diharapkan dapat mendukung kesuksesan mereka dalam ujian serta kesiapan memasuki dunia kerja</em>.</p>2024-07-30T00:00:00+02:00Copyright (c) 2024 Sardo Pardingotan Sipayung, Mananda Ture Siburian, Lotar Mateus Sinaga