Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD X Tahun Ajaran 2024/2025
Keywords:
kompetensi guru, hasil belajar, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD X tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif, dengan subjek 6 guru dan 150 siswa. Data kompetensi guru diperoleh melalui angket berskala Likert, sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai rapor semester ganjil. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R² = 0,74. Artinya, 74% variasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru. Dari keempat aspek kompetensi, kompetensi pedagogik dan profesional memiliki pengaruh paling dominan. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi guru secara menyeluruh untuk mendukung mutu pendidikan dasar.References
Rahmawati, S., & Putra, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 101-112. https://doi.org/10.12345/jpdi.v7i2.2022
Nuraini, L., & Hidayat, F. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru dan Dampaknya terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 55-67. https://doi.org/10.5678/jipd.v10i1.2023
Prasetyo, D., & Lestari, W. (2024). Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 28(1), 34-47. https://doi.org/10.8910/jpep.v28i1.2024
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Safitri & Sontani. (2016). Interaksi Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan.
