Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Santo Thomas V Medan
Keywords:
Kepemimpinan, kinerja, kepala sekolahAbstract
Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Hewan juga “belajar” tetapi lebih ditentukan oleh instinknya, sedangkan manusia belajar berarti merupakan rangkaian kegiatan menuju pendewasaan guna menuju kehidupan yang lebih berarti. Jadi pendidikan merupakan usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang didapat baik dari lembaga formal maupun informal dalam membantu proses transformasi sehingga dapat mencapai kualitas yang diharapkan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode presentasi, yaitu narasumber menyampaikan materi dengan menggunakan teknik presentasi. Berdasarkan temuan penelitian, kepala sekolah di SD santo thomas 5 memiliki tipe kepemimpinan antara lain telah mendelegasikan tugas, tanggung jawab dan kewenangan kepada bawahan sesuai petunjuk teknis, selalu menjunjung tinggi prinsip persamaan hak dan persamaan kewajiban sesama warga sekolah.References
Berger, PL & Luekmann, T (1967) The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. Garden City, NJ: Anchor.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (Edisi ke-4). Sage Publications.
Crotty, M. (1998). The foundations of social research: Meaning and perspective in the research process. Thousand Oaks, CA: Sage.
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007),h.
Landy, Frank, & Conte, J. (2013). Work in the 21st Century: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology. John Wiley & Sons.
Lincoln, Y.S., Lynham. S.A., & Cuba, E.G. (2011). Paradigmatic controversies, contradictions. and emerging confluences revisited. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln. The SAGE handbook of qualitative research (edisi ke-4, hlm. 97-128). Thousand Oaks. CA: Sage.
Mertens, D.M. (2010). Research and evaluation in education and psychology: In- tegrating diversity with quantitative, qualitative, and mixed methods (edisi ke-3). Thousand Oaks, CA: Sage.
Soebagio Atmodiwirio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Ardadizya Jaya,2000.
Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), h.82.
