Pengaruh Pendampingan Di Asrama Terhadap Kemandirian Siswa/Siswi SMP Asrama X Pematang Siantar
Keywords:
pendampingan asrama, kemandirian siswa, pembinaan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendampingan di asrama terhadap kemandirian siswa SMP di Asrama X Pematang Siantar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 68 siswa sebagai sampel total. Data diperoleh melalui angket skala Likert lima poin dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan pendampingan di asrama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian siswa (sig. 0,000 < 0,05) dengan persamaan regresi Y = 34,512 + 0,614X dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,507. Artinya, pendampingan berkontribusi 50,7% terhadap kemandirian siswa. Temuan ini mendukung teori Bandura (1986) bahwa kemandirian terbentuk melalui interaksi sosial dan model perilaku.References
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.
Hidayat, A. (2020). Psikologi kemandirian remaja. Prenadamedia Group.
Lestari, I. (2021). Model pembinaan karakter di asrama siswa SMP. Jurnal Edukasi, 5(1), 33-42. https://doi.org/10.31004/edukasi.v5i1.321
Manurung, E. (2019). Pengaruh lingkungan asrama terhadap pembentukan sikap mandiri. Jurnal Sosio Edukasi, 3(2), 87-96.
Nasrullah, F. (2023). Pendekatan pembelajaran sosial dalam pembinaan siswa asrama. Jurnal Pendidikan Humaniora, 12(1), 45-55.
Ningsih, T. (2020). Hubungan antara bimbingan asrama dan kemandirian siswa. Jurnal Psikopedagogia, 9(2), 129-138. https://doi.org/10.21831/psikopedagogia.v9i2.2314
Putri, D., & Nasution, R. (2021). Pengaruh pendampingan terhadap kemandirian siswa asrama. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 155-164.
Raharjo, S. (2019). Peran pembina asrama dalam pembentukan kemandirian peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 77-90.
Rini, S., & Hardianto, B. (2023). Efektivitas komunikasi pembina terhadap pembentukan karakter mandiri siswa asrama. Jurnal Pendidikan & Bimbingan, 15(3), 201-212. https://doi.org/10.21009/jpb.15.3.05
Simanjuntak, M. (2022). Efektivitas pendampingan terhadap disiplin dan kemandirian siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 7(3), 213-225.
Suryadi, H. (2018). Strategi pembinaan siswa di asrama sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45-56.
Utami, R. (2023). Pengaruh lingkungan sosial terhadap kemandirian siswa di asrama. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 150-161.
Wijaya, R. (2024). Evaluasi program pendampingan asrama berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 167-180.
Yuliana, A., & Kurniawan, D. (2020). Pembinaan karakter melalui kegiatan asrama siswa. Jurnal Pendidikan Moral Pancasila, 8(1), 41-52.
Zahra, L. (2022). Peran pembina dalam membentuk kemandirian siswa asrama. Jurnal Kependidikan, 9(4), 255-268.
