Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Pada SMK Negeri 2 Medan

Authors

  • Salman Bintang Universitas Negeri Medan
  • Dadang Mulyana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jtiust.v5i2.1026

Keywords:

Pembelajaran, multimedia interaktif, Research and Development (R&D), ADDIE

Abstract

Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif memberi pengaruh besar, karena akan memudahkan siswa untuk mengerti materi pembelajaran yang disajikan dengan menarik dan berbeda, sehingga materi pembelajaran tidak hanya berisi tulisan, dan gambar, tetapi bisa memuat suara, video, dan keterlibatan siswa dalam menggunakan media interaktif tersebut. Pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana para Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan pendidik Skurang memanfaatkan media yang dapat menimbulkan daya imajinasi terhadap materi yang dipelajari. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi dan dapat memberikan umpan balik kepada siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh Peneliti dan dilakukan validasi kepada ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.62 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak†dan validasi terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.95 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layakâ€. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian pertama memiliki rata-rata sebesar 2.92 dan dikategorikan “Sangat Baik†dan pengujian kedua memiliki rata-rata sebesar 2.95 dan dikategorikan “Sangat Baikâ€.

References

. Arsyad, Azhar.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. Hutahaean, H. D., & Hasugian, P. M. (2019). Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction. 4(1), 2–5.

. B, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreaktif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. Borg, W.R. & Gall, M.D. gall (1989) Education Research : An Introduction Fifth Edition. New York: Long Man. Lpmjteng.go.id./web/index.php.arsip/karya-tulis-ilmiah-839-penelitian r&d ( Diakses tanggal 23 Oktober 2020)

. Rahardjo, H. 2010. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Pustekkom Dikbud.

. Sriadhi. (2014). Multimedia Exploratory Tutorial Learning (ETL) untuk Pembelajaran Pembangkit Energi Listrik. Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prosiding KeTIK 2014, ISBN.979-458-766-4. Medan : USU Press

. Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Gaung Persada (GP).

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Artikel