Perencanaan Strategis SI/TI Dengan Metode Tozer Studi kasus SMK Bina Nusantara Ungaran

Authors

  • Galang Krisnawa Bhakti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Augie David Manuputty Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1067

Keywords:

Perencanaan Strategis SI/TI, Metodologi Tozer, Value Chain, McFarlan’s Strategic Grid

Abstract

Persaingan bisnis pada era informasi yang begitu cepat ini menjadi sangat ketat. Dengan demikian organisasi harus memiliki strategi bisnis yang sangat matang guna menghadapi persaingan tersebut. Penerapan sistem informasi serta teknologi menjadi salah satu strategi bisnis yang sangat berpengaruh untuk tetap dapat bertahan di dalam persaingan. Sistem informasi sangat dibutuhkan bagi dunia bisnis terutama di bidang pendidikan karena dapat mendukung proses operasional, mendukung keputusan, dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. SMK Bina Nusantara Ungaran merupakan salah satu institusi pendidikan yang sudah menerapkan sistem informasi serta teknologi, namun ternyata belum berjalan dengan optimal karena beberapa bagian belum menerapkan sistem informasi. Karena begitu pentingnya SI/TI bagi bidang pendidikan, di dalam penelitian ini akan membahas bagaimana merencanakan strategi SI/TI dengan metode versi Tozer dengan analisis pendukung seperti Value Chain Porter’s, Five Force Porter’s , SWOT, Critical Success Factor, dan McFarlan’s Strategic Grid. Yang menghasilkan portofolio SI/TI yang selaras dengan visi dan misi guna mendukung proses bisnis yang dijalankan serta menjadikan SMK Bina Nusantara Ungaran unggul di bidang pendidikan.

Author Biographies

Galang Krisnawa Bhakti, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Augie David Manuputty, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Dosen Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana salatiga

References

Ward, J and Pepard Joe, 2002, Strategic Planning for Information Systems (3rd Edition), John Wiley &Sons Ltd, England.

Tozer, E.E., 1996, Strategic IS/IT Planning : Professional series, Butterworth-Heinemann, United States.

W. Andri and A. Arif, 2014,“Penerapan Metodologi Tozer Dalam Perencanaan Strategis Si/Ti Pada Sekolah Tinggi Teknik Musiâ€, Journal of Information Systems, vol. 9, no. 2, pp. 95-100.

W. Andri, 2011, “Perencanaan Strategis SI/TI Pada Perusahaan Otomotif Dengan Menggunakan Metodologi Tozer,†Karya Akhir, Magister Teknologi Informasi, Universitas Indonesia, Jakarta.

I. Windi, 2016, “Perencanaan Strategis Si/Ti Pada Dinas Cipta Karya, Tata Ruang Dan Kebersihan Kabupaten Kubu Raya Dengan Menggunakan Metodologi Tozerâ€, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Volume 8, No 1.

P. Widyaningsih, M. Mustafid, and A. Rochim, 2014, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factors", JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), vol. 1, no. 2, pp. 86-92.

H. Tri, 2017, “Planning Of Tozer Methodology Master Plan In Educational Of Information And Communication Technology (A Case Study At PT Pesona Edu Solution Jakarta)â€,Jurnal Teknik dan Komputer (JTIK), Vol. 06 No. 22.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel