Penerapan Algoritma Affine Cipher dan Algoritma Electronic Code Book (ECB) dalam Pengamanan Pesan Teks

Authors

  • Ema Satriana Br Karo STMIK Budidarma Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jtiust.v5i1.1082

Keywords:

Affine cipher, Electronic code book, Kriptografi, Pesan, Teks, Data

Abstract

Keamanan sangat penting dalam segala aspek untuk melindung data. Pesan teks pada alat komputer atau laptop yaitu pesan teks yang merupakan salah satu data penting yang perlu dalam sistem keamanan data. Keamanan data digunakan untuk menjaga kerahasiaan data penting pada perangkat komputer ataupun laptop. Proses enkripsi digunakan agar pesan tidak dapat dibaca oleh pihak lain yang tidak di inginkan. Sedangkan proses dekripsi digunakan agar pesan dapat dibaca kembali oleh pihak yang dituju. Dengan melakukan enkripsi terhadap pesan teks maka tingkat keamanan informasi dari pesan tersebut dapat ditingkatkan. Enkripsi menggunakan algoritma affine cipher dan algoritma electronic code book (ecb). Algoritma affine cipher dan algoritma electronic code book (ecb) diimplementasikan dengan software Visual Basic 2008. Hasil penelitian ini adalah melindungi pesan dengan mengubah pesan asli menjadi sebuah rahasia yang dilakukan dengan pergeseran kunci.

Author Biography

Ema Satriana Br Karo, STMIK Budidarma Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

R. Munir, “Algoritma & Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C Edisi Revisi,†Andi Yogyakarta, 2011. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/21198/algoritma-pemrograman-dalam-bahasa-pascal-dan-c-edisi-revisi.html (accessed Feb. 19, 2020).

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

T. Arianti and B. Nadeak, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Algoritma GOST dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction,†KAKIFIKOM (Kumpulan Artik. Karya Ilm. Fak. Ilmu Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 40–46, 2019, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/340.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.

H. Widya, “Sistem Pembelajaran dan Pemahaman Algoritma Electronic Code Book ( ECB ) Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction ( CAI ),†J. Electr. Technol., vol. 3, no. 3, 2018.

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

T. Limbong, “Pengujian Kriptografi Klasik Caesar Chipper Menggunakan Matlab,†no. Sept., vol. 2017, 2015.

Downloads

Published

2021-01-21

Issue

Section

Artikel