Penerapan Certainty Faktor untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ternak Kuda (Studi Kasus : Kantor Dinas Peternakan Kabupaten TTU)

Authors

  • Lusia De Fatima Badj Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Patrisius Batarius Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Sisilia D. Bakka Mau Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1088

Keywords:

Sistem Pakar, Penyakit Kuda, Certainty Faktor

Abstract

Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Timor Tengah Utara terdapat 6 orang Dokter Hewan, dengan jumlah peternak 379 orang tersebar di 24 Kecamatan dengan jumlah ternak kuda 1.344 ekor. Para peternak sering mengalami kesulitan jika ternaknya sakit. Hal ini disebabkan karena jumlah dokter hewannya sedikit, jarak dari Dinas Peternakan dengan lokasi kejadian jauh, selain itu juga kondisi geografis yang tidak memungkinkan untuk bisa mencapai tempat tersebut, dan juga dokter hewan yang hanya menunggu panggilan dari kecamatan, sehingga membuat banyak peternak yang terlambat mendapatkan pelayanan dari dokter hewan terhadap ternak kuda mereka dan akibatnya banyak ternak kuda yang tidak terselamatkan.Dari masalah tersebut maka perlu dirancang bangun sebuah aplikasi untuk mendiagnosa penyakit pada ternak kuda berbasis web dengan menggunakan metode certainty factor yang dapat membantu pihak Dinas Peternakan Hewan Kefamenanu khususnya dokter hewan dan para peternak dalam melakukan diagnosis penyakit pada ternak kuda.

References

Arief, R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql.Yogyakarta.

Arifin,M.(2017).Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau.Jurnal Ilmiah SAINSTEK 2017, V (1): 21-28ISSN : 2339-0069

Bekti. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6,CSS, dan JQery. Yogyakarta: Andi.

Buchanan dan Shorttliffe.(1975). Pengetian Certainty Factor.Yogyakarta

Dermawan, J. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak.Pendekatan Praktisi (Buku1)Model Waterfall.

Dominggus, M. (2016). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ternak Kuda. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Tenkik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Handi. (2006). Visio Untuk Orang Awam. Palembang: Maxicom.

Hartati, S. (2013). Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Pratama,E (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung : BI Obses.

Raza, Mario. (2014). Sistem Pakar Berbasis Mobile Web dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ternak Babi. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Tenkik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Rohajawati, Siti dan Supriyanty Rina(2010). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Unggas Menggunakan Metode Certainty Factor.

Ronald. (1996). Ilustrated Atlas of Clinical Equine Anatomy and Comamon Disorders of the Horse: Musculoskeletal System and Lmeness Disorder: Equistar Publications.

Sibagariang, S(2015). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit SapiMenggunakan Metode Certainty Factor.Jurnal TIMES , Vol IV No 2 : 35-39,2015 ISSN: 2337-3601

Subtari. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Suherman. (2011). Pengertian Diagnostik. Yogyakarta: Andi.

Sutojo. (2010). Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Published

2021-06-18

Issue

Section

Artikel