Evaluasi Sistem Laporan Keuangan Pada Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Menggunakan Metode Pieces

Authors

  • Trie Mayhera Sabalidowati Universitas Raharja Tangerang
  • Dwika Maulidia Universitas Raharja Tangerang
  • Siti Umi Khaifah Universitas Raharja Tangerang
  • Galih Seto Universitas Raharja Tangerang
  • M. Rifal Alfarizi Universitas Raharja Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1214

Keywords:

sistem, laporan keuangan, pengolahan data

Abstract

Sistem laporan keuangan yang berjalan saat ini pada Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang belum efektif dan efisien, karena prosesnya masih konvensional walaupun ada beberapa yang sudah menggunakan sistem. Untuk media penyimpanan pencatatan masih menggunakan menggunakan kertas, penggunaan media penyimpanan kertas rentan terhadap kehilangan data ataupun rusak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara pengolahan data laporan keuangan, mengusulkan sistem pengolahan data laporan keuangan yang efektif dan efisien, mengusulkan sistem pengolahan data laporan keuangan yang cepat dan akurat. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu sistem masih konvensional belum berjalan secara efektif dan efisien sehingga kinerja program menjadi lambat. Dari permasalahan tersebut, maka penulis mendapatkan alternatif pemecahan masalah bahwa perlu dilakukan pengkajian ulang sistem yang saat ini berjalan agar kinerja program tidak lambat dan perlu dikembangkan sistem yang ada agar prosedur menjadi terkomputerisasi.

Author Biography

Trie Mayhera Sabalidowati, Universitas Raharja Tangerang

university and department

References

Maniah, & Hamdini, D. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi : Pembahasan Secara Praktis dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Deepublish.

Sujarweni, V. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES. Khazanah Informatika, Vol. 3 No. 2.

Taufik, R. (2016). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Hasil Nilai Siswa Naik dan Tidak Naik Berbasis JAVA Di SDN SEPATAN II. Jurnal Teknik, Vol 5 No. 2.

Rahayu, Sri, Ai Ratna Sari, dan Tri Sendra Saputra. 2018. “Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerangâ€. Jurnal SENSI Vol. 4 No. 1 - Februari 2018 ISSN: 2461-1409. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.

O. Laoly and T. Limbong, “Visualisasi Pengumuman dan SOP Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan berbasis Multimedia,†MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), vol. 3, no. 2, pp. 126–139, 2018, doi: 10.17605/JMEANS.V3I2.276.

Azizah, Nur, Lina Yuliana dan Elsa Juliana. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Harian Lepas Pada PT Flex Indonesia. Jurnal SENSI Vol.3 No.1 - Februari 2017 ISSN : 2461-1409.

Published

2021-06-18

Issue

Section

Artikel