Implementasi Artificial Intelligence pada Charity Box Masjid dan Musholla sebagai Sistem Keamanan Berbasis RFID

Authors

  • Nurul Pratiwi Universitas Labuhan Batu
  • Ibnu Rasyid Munthe Universitas Labuhan Batu
  • Muhammad Halmi Dar Universitas Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1278

Keywords:

Arduino, RFID, HC-SR05, Sensor

Abstract

Tingginya angka kriminalitas di Indonesia telah berdampak buruk dan merugikan masyarakat, sehingga berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan keamanan di masyarakat. Pencurian kotak amal adalah target kejahatan bagi penjahat. Untuk itu perlu diambil langkah tegas dalam hal kewaspadaan dan keamanan agar tindak pidana pencurian kotak amal dapat dihindari. Salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran dan keamanan adalah dengan menerapkan konsep keamanan pada kotak amal. Dengan memanfaatkan beberapa sensor pendukung dan komponen pendukung pada kotak zakat maka sistem keamanan akan bekerja secara otomatis, sehingga jika terjadi pencurian kotak zakat maka sistem akan memberikan notifikasi notifikasi SMS kepada pihak pengelola masjid. Penelitian ini difokuskan pada masalah fasilitas keamanan dan pengawasan kotak amal di masjid atau mushalla. Menggunakan sistem ini akan mengurangi resiko pencurian kotak amal di masjid dan mushalla, karena selain dilengkapi dengan alarm dan SMS gateway, sistem ini juga dilengkapi dengan RFID sehingga akses membuka kotak amal bisa lebih aman. Bentuk sistem ini bekerja jika kotak amal diangkat atau dibongkar secara paksa, sistem akan memberikan notifikasi berupa alarm dan SMS, sehingga tindak pidana pencurian kotak amal dapat lebih diwaspadai.

References

Eka permana, rh (oktober 2017). Rancang bangun sistem keamanan rumah berbasis sms gateway menggunakan mikrokontroler. Jurnal teknologi informasi dan komunikasi, stmik subang.

Nurul istiqamah qalbi, dkk. (april 2020). Rancang bangun intelligent chemical box sebagai solusi inefisiensi distribusi kotak karakter di masjid. Jurnal elektrik media, vol. 17, no. 2.

Suharsoyo, a. (maret 2015). Karakter pencegahan tindakan pidana. Yurisprudensi vol. 5 nomor 1.

Suprianto, ba (2017). Aplikasi sensor ultrasonik untuk deteksi posisi jarak dalam ruangan menggunakan arduino uno. Jurnal teknik elektro jilid 06 nomor 02, 137 - 145.

Jogiyanto, hm. 1992. Esensi elektronika. Jakarta: pt. Elex media computindo

Kusumadewi, sri (2003), “kecerdasan buatan (teknik dan penerapannya)â€. Yogyakarta: graha ilmu. [7] Zain, rh & surmayanti, 2016. Merancang sistem buka tutup pintu air otomatis di muara sungai /

Reservoir menggunakan sensor infra merah dan photo diode dengan tampilan lcd berbasis arduino uno atmega-328.jurnal teknologi informasi & pendidikan, 9 (1), hlm. 67–72.

Andrianto, heri. 2008. Pemrograman mikrokontroler atmega avr 16. Bandung: penerbit informatika

Sutojo, t, mulyanto, edi, suhartono, vincent, dr. (2011), “kecerdasan buatanâ€.

Eko harli, af (2017). Perancangan dan Implementasi Teknologi SMS Gateway Mesin Biometrik Terintegrasi Dalam Sistem Informasi Akademik. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Pendidikan, Volume 01 Nomor 02 ,.

Hendi handian rachmat, ga (2014). Penggunaan sistem rfid sebagai penghalang akses ruangan. Jurnal elkomika, no 1, vol 2.

Muhammad akil, am (2020). Perancangan kotak karakter mesjid tanpa sentuh dalam upaya menghadapi order baru di tempat ibadah mediatik jurnal: jurnal teknik informatika dan media pendidikan komputer, vol.2 no.2.

Teguh kurniawan, t. (2019). Pembuatan sistem filter dan monitor air untuk reservoir berbasis mikrokontroler atmega328. Jurnal geografi capita selekta, 44 - 55).

Published

2021-07-14

Issue

Section

Artikel