Spk Seleksi Penerima Beasiswa pada ITB Stikom Bali dengan Metode Codas

Authors

  • Ni Wayan Ari Ulandari ITB STIKOM Bali
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti Komputer, ITB STIKOM Bali
  • I Putu Warma Putra
  • Ni Made Astiti Program Studi Sistem Komputer, ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i2.1497

Keywords:

SPK, Beasiswa, CODAS

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan diperlukan untuk membantu proses seleksi menjadi lebih singkat dan akurat agar penerima beasiswa tepat sasaran. Untuk mendapatkan keputusan yang terbaik dalam SPK harus didukung oleh metode pengambilan keputusan(Na’am 2017) hal ini untuk mengurangi resiko kesalahan dan mempersingkat waktu pengambilan keputusan tersebut (Zaen, Sunaryo, and Wijono 2014). User yang mengiputkan data haruslah orang yang bertanggung jawab terhadap kasus yang dibahas (Purnomo, Sihwi, and Anggrainingsih 2013) dan orang yang ahli dalam menganalisa kasus tersebut(Astuti 2016). Metode COmbinative Distance-based Assessment CODAS suatu alternatif yang diinginkan ditentukan dengan menggunakan dua pengukuran. Pengukuran yang pertama dan utama adalah dengan perhitungan jarak Euclidian dari suatu alternatif dengan alternatif ideal negative. hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode CODAS lebih efisien dan konsisten dengan metode lain, dan analisis sensitivitas menunjukkan stabilitas hasil metode yang diusulkan (Ghorabaee et al. 2017). Berdasarkan pemaparan di atas, maka penelitian ini akan menggunakan metode CODAS dengan judul penelitian Seleksi Penerima Beasiswa Pada ITB STIKOM Bali Dengan Metode COmbinative Distance-based Assessment (CODAS) berbasis Web.

Author Biographies

Ni Wayan Ari Ulandari, ITB STIKOM Bali

<br data-mce-bogus="1">

Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti , Komputer, ITB STIKOM Bali

<br data-mce-bogus="1">

I Putu Warma Putra

<br data-mce-bogus="1">

Ni Made Astiti, Program Studi Sistem Komputer, ITB STIKOM Bali

<br data-mce-bogus="1">

References

Astuti, Puji. 2016. “Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Menggunakan Metoda Analytical Hierarchy Process ( Ahp ).” Indonesian Jurnal on Computer and Infrmation Technology Nusa Mandiri 1(2): 30–36.

Badi, Ibrahim, Shetwan, Ali G, Abdulshahed, Ali M. 2018. ” Supplier Selection Using Combinative Distance-Based Assessment (CODAS) Method for Multi-Criteria Decision-Making".SSRN Electronic Journal.

Ghorabaee, Mehdi Keshavarz et al. 2017. “Fuzzy Extension of the CODAS Method for Multi-Criteria Market Segment Evaluation.” Journal of Business Economics and Management 18(1): 1–19.

Na’am, Jufriadif. 2017. “Sebuah Tinjauan Penggunaan Metode Analythic Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pada Jurnal Berbahasa Indonesia.” Jurnal Mediasisfo 11(1978–8126): 888–95.

Purnomo, Estining Nur Sejati, Sari Widya Sihwi, and Rini Anggrainingsih. 2013. “Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS, Dan AHP-TOPSIS Dalam Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Program Akselerasi.” Jurnal Itsmart 2(1).

Ulandari, Ni Wayan Ari, Gede Rasben Dantes, and Dewa Gede Hendra Divayana. 2018. “Implementasi Metode AHP Dan SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Potensi Akademik Mahasiswa STMIK STIKOM Bali.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), bali, 223–27.

Ulandari, Ni Wayan Ari, and Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti. 2019. “Vikor Pada Itb Stikom Bali.” : 271–82.

Ulandari, Ni Wayan Ari, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, and Ni Made Astiti. 2020. “Implementasi Metode MOORA Pada Proses Seleksi Beasiswa Bidikmisi Di Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali.” Jurnal Eksplora Informatika 10(1): 53–58.

Zaen, Mohammad Taufan Asri, Sunaryo, and Wijono. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Investasi Perumahan Area Malang Menggunakan P Algoritma Bayesian.” Jurnal EECCIS (Electrics, Electronics, Communications, Controls, Informatics, Systems) 8(1): 13–18. http://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/view/230.

Downloads

Published

2021-11-09

Issue

Section

Artikel