Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai RSUD Dr. Hadrianus Sinaga dengan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process

Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai RSUD Dr. Hadrianus Sinaga dengan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process

Authors

  • Kanur L. P. Situmorang STMIK Pelita Nusantara
  • Jonson Manurung STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i2.1557

Keywords:

SPK, MFEP, Best Employee

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Hadrianus Sinaga setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi. Dalam proses penilaian pegawai berprestasi masih secara manual dan sangat tidak efektif, sehingga dirasa kurang optimal dan memerlukan banyak waktu baik dalam menyusun laporan maupun proses memutuskan calon pegawai berprestasi. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, maka diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menbantu pihak rumah sakit dalam memilih pegawai yang berkualitas dan berpretasi. Dalam pengambilan keputusan, metode yang dipakai dalam SPK ini adalah Multi Factor Evalution Process (MFEP). Pada metode MFEP ini pengambilan keputusan dilakukan dengan memberikan pertimbangan subjektif dan intuitif terhadap faktor yang dianggap penting. Pertimbangan tersebut berupa pemberiaan bobot atas multifactor yang terlibat dan dianggap penting. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah bahasa pemprogramana PHP untuk pembuatan programnya dan MySql untuk pembuatan database. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan ini, pemilihan pegawai berprestasi pada RSUD DR. Hadrianus Sinaga menjadi lebih efektif dan efisien serta menutup kemungkinan terjadinya kecurangan. Dari hasil pengujian system dan hasil analisa data bahwa A8 (Sumihar Tamba) mendapat nilai tertinggi dengan Bobot Evaluasi 81 dan Paling rendah A4 (Lenni Simbolon) dengan Bobot Evaluasi 70,75

References

Diana, S. M. (2018). Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Palembang: CV Budi Utama.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Arimbawa1, P., & Widanta, A. (2017). Pengaruh Luas Lahan, Teknologi dan Pelatihan terhadap Pendapatan Petani Padi Dengan Produktivitas Sebagai Variabel Intervening Di Kecamatan Mengwi. Mengwi Universias Udayana, ISSN 2303-0178.

B. Sinaga, Sulindawaty, and I. Siagian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Dengan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model Pada PT. Prudential,” J. Mantik Penusa, vol. 1, no. 2, pp. 59–64, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/267/166.

Gafarudin, & Tri s, M. P. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Tenaga Kerja Indonesia Dengan Pendekatan Metode Trend Moment Di Jawa Timur. Jawa Timur: Universitas Kanjuruhan Malang.

Hidayatulloh, M. F., & Susilowati, T. (2019). Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) Dalam Penentuan Lokasi Home Industri Di Kabupaten Pringsewu . Lampung: STMIK Pringsewu.

Hendini. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Pontianak: AMIK BSI Pontianak Vol. IV, No, 2.

Khosi’ah, Pujian Hadi, A., & Hariawan, A. B. (2018). Dampak Penambangan Galian C Di Daerah Aliran Sungai Bentek Terhadap Lahan Pertanian Dusun Bentek Desa Pemenang Barat Kabupaten Lombok Utara . Lombok Utara:Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan.

M. Marbun and B. Sinaga, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar Dengan Metode Topsis. Sumatera Utara: CV.Rudang Mayang, 2017.

Lesmana, M. A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process Pada PT.Sinarmas Muntifinnce Cabang Palembang. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Natalia, R. (2018 ). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan PT. Harapan Jaya Sentosa Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) .Batam: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) GICI .

Primadasa, Y., & Amalia, V. (2017). Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Pemilihan Tanaman Pangan di Kabupaten Musi Rawas. Lubuklinggau: Primadasa. Vol. 07 No. 01.

Sihotang, D. M., Letelay, K., & Sina, R. ( 2018). Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Permohonan Pinjaman Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Gloria. NusaCendana: Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana. ISSN: 23377631, Vol. 6 No, 2.

Sinaga, Bosker., Yulia, Utami. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : STMIK Pelita Nusantara Medan). Jurnal Mantik Penusa, 2(2) 71-79

Downloads

Published

2021-12-13

Issue

Section

Artikel