Analisis Perbandingan Algoritma Rabin-Karp Dan Levenshtein Distance Dalam Menghitung Kemiripan Teks

Authors

  • Andry Hery Purba Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Zakarias Situmorang Fikom, Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v2i2.187

Abstract

Dalam dunia plagiarisme (penjiplakan) yang semakin marak terjadi di era modern saat ini, dimana dunia plagiarisme mudah dilakukan karena semakin majunya teknologi informasi. Terjadinya plagiarisme disebabkan karena kebiasaan peneliti yang malas dan ingin serba cepat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, sehingga kemungkinan peneliti akan mencari referensi yang terkait baik di internet maupun perpustakaan. Oleh karena itu karena itu diperlukan suatu aplikasi yang baik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di atas. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendeteksi tingkat kemiripan teks berupa algoritma pencocokan string atau katadengan menggunakan algoritma Rabin-Karp dan Levenshtein Distance. Proses yang harus dilakukan dalam sistem adalah proses preprocessing pada masing-masing algoritma dan kemudian menghitung tingkat kemiripan teks menggunakan algoritma Rabin-Karp dan Levenshtein Distance. Sehingga mendapatkan hasil dari kedua algoritma yang ada pada sistem untuk dianalisis perbandingan hasilnya berupa grafik. Pada pengujian peneliti menggunakan dokumen teks dengan tipe .pdf dan berbahasa Indonesia.

Author Biographies

Andry Hery Purba, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Zakarias Situmorang, Fikom, Unika Santo Thomas SU

Dosen

References

Afdhal, Chalis,T., and Gani,T.A., 2014, Analisa Perbandingan Aplikasi Pendeteksi Plagiat Terhadap Karya Ilmiah, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Aceh, pp. 193-199.

Ariyani,N.H., Sutardi, and Ramadhan,R., 2016, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Dokumen Menggunakan Metode Levenshtein Distance, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Kendari, Vol.2, No.1, pp. 279-286, ISSN : 2502-8928.

Firdaus,A., Ernawati dan Vatresia,A., 2014, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani Dan Metode Cosine Similarity. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Vol.10, No.1, pp. 97-110.

Firdaus,H.B., 2008, Deteksi Plagiat Dokumen Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika , Institut Teknologi Bandung, Bandung, Vol.3, No.2.

Kurniawan, Erick. 2011. Cepat Mahir Visual Basic 2010. Edisi satu. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Kurniawati,A., Wicaksana,I.W.S., 2008, Perbandingan Pendekatan Deteksi Plagiarisme Dokumen Dalam Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, Depok, pp. 284-291.

Noprisson,H., Susilo,B., and Ernawati, 2014, Implementasi Algoritma Rabin-Karp Untuk Menentukan Keterkaitan Antarpublikasi Penelitian Dosen Tahun 2013, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Vol.10, No.1, pp. 110-127.

Pratama,B.P., Pamungkas,S.A., 2016, Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance Dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks. Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jilid 6, No.2, hal. 131-143.

Putra,D.A., Sijaini,H., dan Pratiwi,H.S., 2015, Implementasi Algoritma Rabin-Karp untuk Membantu Pendeteksian Plagiat pada Karya Ilmiah, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Vol.1, No.1.

Putri,D.R., Mardiyono dan Handoko,S., 2013, Portal Open Source Pendeteksi Plagiarisme di Kalangan Negeri Semarang, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Vol.2, No.2.

Rinusantoro,S. (2014). Aplikasi Deteksi Kemiripan Dokumen Teks. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Salmuasih, Sunyoto,A., 2013, Implementasi Algoritma Rabin Karp untuk Pendeteksian Plagiat Dokumen Teks Menggunakan Konsep Similarity, Program Studi teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 23-28.

Published

2017-12-30

Issue

Section

Artikel