Menerapkan Jaringan Saraf Tiruan untuk Mengenali Pola Huruf Menggunakan Metode Perceptron

Authors

  • Yohanes Pangaribuan Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Masdiana Sagala Fikom

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v2i2.191

Abstract

Perceptron merupakan salah satu metode pengenalan yang sering digunakan pada sistem syaraf tiruan atau jaringan syaraf tiruan. Perceptron biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan jenis pola tertentu yang sering dikenal sebagai pemisahan linier. Intinya, perceptron on ANN dengan satu lapisan memiliki bobot nilai threshold yang dapat disetel. Algoritma yang digunakan oleh aturan perceptron ini akan mengatur parameter bebasnya melalui proses pembelajaran. Proses perceptron itu sendiri terdiri dari proses pelatihan (terdiri dari sebuah proses: memasukkan contoh huruf, citra citra, ekstraksi fiture, latihan, bobot akhir) dan proses mengenali huruf-huruf yang telah dimasukkan ke dalam sistem (terdiri dari proses: masukkan gambar dari tes huruf, pengolahan gambar, hitung jumlah bobot, hasil pendahuluan). Dalam tulisan ini, diterapkan metode jaringan syaraf syaraf tiruan untuk melakukan pemisahan linier pada setiap pola huruf yang dilatih untuk kemudian melakukan proses pengenalan pola huruf. Hasil akhir dari proses pendahuluan adalah tampilan hasil pengenal huruf dengan penyajian nilai terendah dan tertinggi yang akan diterjemahkan sebagai surat yang dikenali oleh sistem.

Author Biographies

Yohanes Pangaribuan, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Masdiana Sagala, Fikom

Dosen Tetap

References

Astuti, Dwi.--. Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mengenali Tulisan Tangan Huruf A, B, C, Dan D Pada Jawaban Soal Pilihan Ganda.Tangerang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Terbuka.

Bahri, Zaiful. 2007. Penggunaan Metode Jaringan Neural Perceptron untuk Mengenal Pola Karakter Kapital. Riau: Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Riau.

Daryanto. 2003. Belajar Komputer Visual Basic. Malang: Yrama Widya.

David. 2011. Perancangan Perangkat Lunak Pengenalan Pola Karakter Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron. Pontianak: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pontianak.

Faridh, Muhammad. --. Pengenalan Karakter Huruf Tulisan Tangan Menggunakan Metode Principal Components Analysis. Semarang : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Sutojo, T, dkk. 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suyanto. 2014. Artificial Inteligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika.

Wahana Komputer. 2005. Panduan Praktis Membuat Diagram dan Gambar dengan Microsoft Visio. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Yani, Eli. 2005. Pengantar Jaringan Saraf Tiruan. (Online. http://www.pengantar_jaringan_syaraf_tiruan_jurnal.pdf : diakses pada 08 Desember 2016).

Published

2017-12-30

Issue

Section

Artikel