Sistem Penempatan Pegawai Dengan Menggunakan Hungarian Method (Studi Kasus : YPPSU)

Authors

  • Desinta Purba Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v3i1.240

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga dapat dilihat dari sistem pengelolaan sumber daya manusia yang tersedia. Agar tujuan dari suatu organisasi dapat tercapai maka perlu pengolahan terhadap sumber daya manusia yaitu berupa rotasi jabatan. Rotasi jabatan merupakan proses penempatan dan pendayagunaan SDM di suatu perusahaan untuk tujuan efektifitas dan efisiensi serta pengembangan bagi SDM. Melalui rotasi karyawan selain berguna bagi karyawan juga berguna bagi perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Rotasi karyawan dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kejenuhan karyawan serta menambah pengalaman kerja karyawan. Pergantian atau rotasi karyawan sering dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Untuk memperluas wawasan dan pemahaman kerja karyawan dapat dilakukan melalui rotasi karyawan. Dalam penempatan karyawan untuk memperoleh hasil kerja optimal, maka dapat digunakan Hungarian method dalam penempatan karyawan di perusahaan-perusahaan. Hungarian method merupakan metode untuk menentukan alokasi sumber daya ke suatu tugas tertentu secara satu persatu (one by one). Tergantung kepada informasi yang ada. Penyelesaian masalah dengan Hungarian method dapat diarahkan kepada maksimisasi atau minimisasi. Yayasan pengembangan Profesi Sumatera Utara memiliki 4 pegawai yang masing-masing menempati 4 bagian. Ke-4 pegawai tersebut secara priodik dilakukan rotasi untuk mengurangi kejenuhan dan menambah pengalaman kerja pegawai tersebut. Rotasi yang dilakukan sudah sebanyak 5 kali. Hasil penempatan karyawan dengan menggunakan Hungarian method lebih optimal dibandingkan dengan sistem rotasi yang sudah dilakukan selama ini. Rata-rata total kinerja pegawai dengan rotasi yang sudah dilakukan selama ini sebesar 300,8. Penempatan pegawai dengan menggunakan metode Hungarian total kinerja pegawai sebesar 317. Kenaikan kinerja dengan metode Hungarian meningkat sebesar 16,2 atau 5,11%

Author Biography

Desinta Purba, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Soemartojo, N. 1997. Program Linear. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Idris G, Haryadi S, Robertus T. 2013. Penerapan Metode Hungarian pada Perusahaan Jasa Kasus Minimum. Jurnal Business Review Vol 4. No. 2 November 2013.

Marline, P., Jantje, D.P. 2011. Optimasi Pembagian Tugas Karyawan Menggunakan Metode Hungarian. Jurnal Ilmiah Sains Vol. 11. No 1. April 2011.

Prawirosentono, S. 2005. Riset Operasi danEkonofisika. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Taha, A.H. 1996. Riset Operasi Jilid I.Binarupa Aksara. Jakarta.

Published

2018-06-14

Issue

Section

Artikel