Perancangan Aplikasi Untuk Menghitung Persentase Kemiripan Proposal Dan Isi Skripsi Dengan Algoritma Rabin-Karp

Authors

  • Ledisma Juliana Purba Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Lamhot Sitorus FIKOM UST

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v3i1.241

Abstract

Kemiripan atau similarity merupakan tingkat perbandingan persentase kemiripan antar dokumen yang diuji. Similarity ini akan dijadikan acuan dalam menentukan persentase tingkat kemiripan sebuah dokumen yang diuji. Besarnya persentase similarity akan dipengaruhi oleh tingkat kemiripan dari dokumen yang diuji, semakin besar persentase similarity maka tingkat kemiripan akan semakin dianggap tinggi, oleh karena itu, perlu dirancang aplikasi menghitung persentase kemiripan proposal dan isi skripsi dengan algoritma Rabin-Karp. Algoritma Rabin-Karp adalah algoritma pencarian kata yang mencari sebuah pola berupa substring dalam sebuah teks dengan menggunakan hashing. Teknik hashing merupakan transformasi aritmatika sebuah string dari karakter menjadi nilai numerik yang merepresentasikan string aslinya. Algoritma ini diimplemetasikan ke dalam sistem berbasis web pada tugas akhir Teknik Informatika . Sistem dikembangkan mulai dari pengumpulan kebutuhan sistem dari pengguna, perancangan dan kemudian implementasi sistem. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapat bahwa implementasi algoritma RabinKarp dan rumus jaccard Coefficient telah berhasil menghitung tingkat persentase kemiripan antar proposal dan isi skripsi. Waktu yang diperlukan untuk melakukan proses menghitung kemiripan semakin lama seiring jumlah data yang digunakan.

Author Biographies

Ledisma Juliana Purba, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Lamhot Sitorus, FIKOM UST

FIKOM UST

References

Afdhal, Chalis,T., and Gani,T.A., 2014, Analisa Perbandingan Aplikasi Pendeteksi Plagiat Terhadap Karya Ilmiah, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Aceh, pp. 193-199.

Ariyani,N.H., Sutardi, and Ramadhan,R., 2016, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Dokumen Menggunakan Metode Levenshtein Distance, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Kendari, Vol.2, No.1, pp. 279-286, ISSN : 2502-8928.

Firdaus,A., Ernawati dan Vatresia,A., 2014, Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief & Adriani Dan Metode Cosine Similarity. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Vol.10, No.1, pp. 97-110.

Firdaus,H.B., 2008, Deteksi Plagiat Dokumen Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika , Institut Teknologi Bandung, Bandung, Vol.3, No.2.

Kurniawan, Erick. 2011. Cepat Mahir Visual Basic 2010. Edisi satu. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Kurniawati,A., Wicaksana,I.W.S., 2008, Perbandingan Pendekatan Deteksi Plagiarisme Dokumen Dalam Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, Depok, pp. 284-291.

Noprisson,H., Susilo,B., and Ernawati, 2014, Implementasi Algoritma Rabin-Karp Untuk Menentukan Keterkaitan Antarpublikasi Penelitian Dosen Tahun 2013, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Vol.10, No.1, pp. 110-127.

Pratama,B.P., Pamungkas,S.A., 2016, Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance Dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks. Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jilid 6, No.2, hal. 131-143.

Putra,D.A., Sijaini,H., dan Pratiwi,H.S., 2015, Implementasi Algoritma Rabin-Karp untuk Membantu Pendeteksian Plagiat pada Karya Ilmiah, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Vol.1, No.1.

Putri,D.R., Mardiyono dan Handoko,S., 2013, Portal Open Source Pendeteksi Plagiarisme di Kalangan Negeri Semarang, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Vol.2, No.2.

Rinusantoro,S. (2014). Aplikasi Deteksi Kemiripan Dokumen Teks. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Salmuasih, Sunyoto,A., 2013, Implementasi Algoritma Rabin Karp untuk Pendeteksian Plagiat Dokumen Teks Menggunakan Konsep Similarity, Program Studi teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 23-28.

Published

2018-06-14

Issue

Section

Artikel