Aplikasi Edugame Menggunakan Linear Congruent Method Dan Algoritma Flood Fill

Authors

  • Emerson P Malau Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Ayu Julianti E S

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v3i1.242

Abstract

Pendidikan pada anak usia dini dapat melatih kemampuan kognitif anak (kemampuan mengenal, mengingat, berfikir), melatih kreatifitas anak, dan melatih kemampuan motorik anak. Belajar sambil bermain merupakan salah satu metode belajar yang efektif dan cukup menarik untuk anak-anak. Oleh karena itu sangat penting untuk menyediakan sarana bermain dengan menyisipkan pembelajaran diedalamnya. Aplikasi edugame ini terdapat berbagai macam permainan yaitu permainan pengenalan buah, permainan mewarnai, permainan mencocokkan, permainan menghitung. Dalam aplikasi edugame ini menerapkan Linear Congruent Method sebagai metode pengacakannya dan untuk proses mewarnai pada permainan mewarnai menggunakan algoritma Flood Fill. Pengacakan menggunakan metode Linear Congruent Method terdapat pengulangan pada periode waktu tertentu sehingga harus ditambahkan metode resuffle untuk memperbaiki bilangan acak dari Linear Congruent Method dengan menghilangkan sifat periodik yang ada pada bilangan acak. Untuk proses pewarnaan menggunakan algoritma Flood Fill, gambar yang diwarnai harus mempunyai batas yang utuh sehingga ketika disentuh warna tidak menyebar kearah yang lain.

Author Biography

Emerson P Malau, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Darma. S,J. Ananda,S. 2009. Buku Pintar Menguasai Mulimedia. Cetakan Pertama. Mediakita. Jakarta Selatan. 1-2.

Debyanzah, S.D., Waworuntu, A., 2015, Aplikasi Mewarnai Gambar Untuk Pembelajaran Warna pada Anak Usia Dini Berbasis Mobile, Jurnal Sains dan Teknologi, 2, (1)

Khadijah. 2012. Konsep Dasar Pendidikan PraSekolah. Cetakan Pertama. Citapustaka Media Perintis. Bandung. 3,5.

Irsa, D., Wiryasaputra, R., Primaini, S., 2015, Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android, Jurnal Informatika Global, 6, (1)

Muliawan, J.U., 2009.Manajemen Playgroup dan Taman Kanak-Kanak, Yogyakarta: Diva Press, hlm. 254-255.

Putra, D.W., Nugroho, A.P., Puspitarini, E.W., 2016, Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1, (1)

Ramadhan, K., Astuti, L.W., Verano, D.A., 2015, Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android, Jurnal Informatika Global, 6, (1)

Rohman, N., Mulyanto, B., 2010, Membangun Aplikasi Game Edukatif Sebagai Media Belajar Anak-Anak, Jurnal Computech & Bisnis, 4, (1)

Setiawan., Astuti, I.F., Khairina, D.M., 2015, Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara, Jurnal Informatika Mulawarman, 9, (2)

Published

2018-06-14

Issue

Section

Artikel