Kompresi File Citra Digital Dengan Arithmetic Coding

Authors

  • Fricles Ariwisanto Sianturi STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v3i1.245

Abstract

Pada dasarnya ada tiga bidang yang menangani pengolahan data berbentuk citra, yaitu: grafika komputer, pengolahan citra, dan visi komputer. Pada bidang grafika komputer banyak dilakukan proses yang bersifat sintesis yang mempunyai ciri data masukan berbentuk deskriptif dengan keluaran hasil proses yang berbentuk citra. Sedangkan proses di dalam bidang visi komputer merupakan kebalikan dari proses grafika komputer. Terakhir, bidang pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual, yakni data masukan maupun data keluarannya berbentuk citra. Pada pengolahan citra terdapat enam jenis operasi pengolahan, yaitu peningkatan kualitas citra, restorasi citra, kompresi citra, segmentasi citra, analisis citra, dan rekonstruksi citra. Pada umumnya informasi yang ada dalam suatu citra terletak pada strukturnya. Agar mudah memahami suatu citra dapat dilakukan dengan menyederhanakan struktur citra tersebut. Pada pengolahan citra terdapat enam jenis operasi pengolahan, yaitu peningkatan kualitas citra, restorasi citra, kompresi citra, segmentasi citra, analisis citra, dan rekonstruksi citra. Pada umumnya informasi yang ada dalam suatu citra terletak pada strukturnya. Agar mudah memahami suatu citra dapat dilakukan dengan menyederhanakan struktur citra tersebut.

Author Biography

Fricles Ariwisanto Sianturi, STMIK Pelita Nusantara

Dosen Tetap STMIK Pelita Nusantara

References

Fricles Ariwisanto Sianturi. Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan MetodeComputer Assisted Instruction (CAI). J Ris Komput. 2016;3(4):1-4. http://ejurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/292.

Nelson, Mark. Arithmetic Coding + Statis-tical Modeling = Data Compression; Dr.Dobb‟s Journal, February 2012

Fricles Ariwisanto Sianturi. Penerapan Metode Contrast Stretching Untuk Peningkatan Kualitas Citra Bidang Biomedis. J Mantik Penusa. 2015;18(2):70-75. http://ejurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/132.

Press, William H. Numerical Recipes in C: The Art of Scientific Computing. Cambridge University Press, 2016

MacKay, David J.C.Information Theory, Inference and Learning Algorithms, http://wol.ra.phy.cam.ac.uk/mackay, 2012

Published

2018-06-14

Issue

Section

Artikel