Implementasi Algoritma Playfair Cipher pada Penyandian Data

Authors

  • Sartika Dewi Br. Surbakti STMIK Budi Darma Medan

Abstract

Kriptografi adalah ilmu pengetahuan dan seni menjaga message-message agar tetap aman (secure). Dalam kriptografi terdapat dua konsep utama yakni enkripsi dan dekripsi. Penyandian yang pertama kali dibuat dengan menggunakan algoritma clasic. algoritma ini menumpukan keamanannya pada kerahasian algoritma yang digunakan. Namun algoritma ini tidak efisien saat digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang karena algoritmanya masih sangat sederhana dan masih sangat mudah untuk dipecahkan, sehingga informasi atau data penting yang ingin dirahasiakan dengan mudah dapat diketehui orang lain atau orang yang tidak bertanggungjawab. Dengan menggunakan papan kunci berbentuk 5x5, dapat mengenkripsi plainteks (data teks asli yang akan dienkripsi) dan mendekripsi cipherteks (data teks yang telah dienkripsi) dengan mengelompokkannya dengan menghilangkan huruf J dari plainteks. Papan kunci dibangkitkan secara acak oleh perangkat lunak sehingga setiap proses penyandian (enkripsi dan dekripsi) dapat menggunakan kunci yang berbeda-beda. Perangkat lunak ini digunakan juga untuk membuktikan kebenaran hasil enkripsi dan dekripsi dari Playfair Cipher dengan papan kunci kubus

References

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

H. D. M. H. Hutahaean, “Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction,†vol. 4, no. 1, pp. 2–5, 2019.

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

A. M. Mhd. Zulfansyuri Siambaton, “Modifikasi Algoritma Playfair Cipher Dengan Pengurutan Array Pada Matriks,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 66–71, 2018.

Www.ssh.com, “Cryptography for Practitioners,†2019. [Online]. Available: https://www.ssh.com/cryptography. [Accessed: 14-Dec-2019].

T. Limbong et al., “The implementation of computer based instruction model on Gost Algorithm Cryptography Learning,†in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 420, no. 1, p. 12094.

A. M. Hasibuan, “Rancang Bangun Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode AES Pada Smartphone,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 1, pp. 29–35, Jun. 2017.

D. D. Santoso and P. Tarigan, “Penerapan Algoritma Playfair Cipher sebagai Penyandian Kunci Dalam Pengamanan File Teks dengan Algoritma Rijndael,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 17, pp. 59–64, 2018.

Published

2019-12-14

Issue

Section

Artikel