Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Perkreditan Anggota Koperasi (Studi Kasus Pada Koperasi Kozero)

Authors

  • Fricles Ariwisanto Sianturi STMIK Pelita Nusantara Medan
  • Paska Marto Hasugian STMIK Pelita Nusantara Medan

Abstract

Abstrak Koperasi Kozero haruslah memikirkan strategi dalam pemasaran untuk mempertahankan anggota lama dan menarik perhatian bagi perkreditan anggota baru. Jenis koperasi yang di tawarkan saat ini sangatlah bervariatif, seperti Koperasi Produksi, Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan Koperasi Serba Usaha (KSU). Untuk dapat bertahan menghadapi masalah tersebut, tidak cukup hanya dengan memberi pelayanan kepada nasabah. Metode TOPSIS adalah salah satu metode yang bisa membantu proses pengambilan keputusan yang optimal untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis. Hal ini disebabkan karena konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana.

Author Biographies

Fricles Ariwisanto Sianturi, STMIK Pelita Nusantara Medan

Dosen

Paska Marto Hasugian, STMIK Pelita Nusantara Medan

Dosen

References

Ayu Gusti, Darma Gede, Wira B Putu, 2013, Multi-Attribyte Decision making Scholarship Selection Using A Modified Fuzzy TOPSIS, International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), Vol.10 No.2.

Ding, Ji-Feng, 2011, An Integrated Fuzzy Topsis Method For Ranking Alternatives And Its Application, Journal Of Marine Science and Technology, Vol 19, No 4.

Gafur, Abdul, 2008, Cara Mudah Mendapatkan beasiswa, Penebar Plus Publisher, Jakarta

Hasan, M.Iqbal, 2004, Pokok-Pokok Materi Tori Pengambilan Keputusan, Ghalia Indonesia , Bogor

Kamran Shahanaghi, Sayed Ahmad Yazdian, 2009, Vendor Using A New Fuzzy Group TOPSIS Approach, Journal of Uncertain System, Vol. 3 No. 3.

Published

2017-06-02

Issue

Section

Artikel