Pembangunan Web Mobile Absensi Mahasiswa Pada Platform Android Yang Terintegrasi Dengan Website Utama Sistem Informasi Akademik (SIA) STMIK Budi Darma

Authors

  • Taronisokhi Zebua STMIK Budi Darma Medan
  • - Pristiwanto STMIK Budi Darma Medan

Abstract

Abstrak Kegiatan pendataan kehadiran atau absensi mahasiswa sangat vital dalam pelaksanaan kegiatan akademik pada setiap perguruan tinggi. Kegiatan pendataan absensi mahasiswa pada STMIK Budidarma Medan menjadi tanggungjawab dosen pengampu mata kuliah. Kesalahan penginputan kehadiran mahasiswa ke dalam sistem yang disajikan pada Daftar Nilai Ujian Akhir sangat berpengaruh pada syarat keikut sertaan mahasiswa pada ujian akhir semester maupun pada penetapan nilai ujian akhir mahasiswa pada Kartu Hasil Studi (KHS) oleh dosen pengampu matakuliah, sehingga hingga saat ini complain nilai akhir ujian semester oleh mahasiswa sering diterima oleh program studi maupun dosen pengampu matakuliah. Salah satu solusi yang dianggap vital untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah membangun sebuah layanan informasi absensi mahasiswa melalui web mobile pada platform android. Layanan ini diyakini sangat membantu entitas yang berperan dalam pengolahan data absensi kehadiran mahasiswa menjadi informasi yang lebih akurat. Web mobile yang dibagun terintegrasi dengan database website utama Sistem Informasi Akademik (SIA) STMIK Budidarma yang sedang digunakan saat ini. Pengaksesan web mobile ini dapat dilakukan dengan menggunakan handphone android oleh dosen pengampu matakuliah untuk melakukan proses penginputan data kehadiran mahasiswa pada saat tatapmuka perkuliahaan berlangsung. Layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh orangtua mahasiswa untuk mengontrol dan mengetahui kehadiran anaknya.

Author Biographies

Taronisokhi Zebua, STMIK Budi Darma Medan

Dosen

- Pristiwanto, STMIK Budi Darma Medan

Dosen

References

Agus Irawan, 2014, Sistem Infromasi Absensi Mahasiswa (Studi Kasus Jurusan Administrasi Bisnis Poliban, Jurnal INTEKNA, 2 : 102-209.

Ihsan Verdian, et all, 2015, Aplikasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Sidik Jari Pada Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jurnal KomTeknInfo Fakultas Ilmu Komputer, 2(1) : 2356-0010.

Tim EMS, 2013, Android All in One, PT.Alex Media Komputindo, Edisi I.

Muchlisin Riadi. (2017, Juni, 27). Pengertian dan Jenis Absensi. [online]. Available : http://www.kajianpustaka.com/ 2014/04/pengertian-dan-jenis-jenis-absensi.html.

Siti Nur Aziyana, et all. 2015. Pengambangan Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Bengkalis Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1).

Sri Rahayu, et all. 2015. Perancangan Aplikasi Absensi Peserta Bimbingan Belajar Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework YII. 9 : 1978-8282

STMIK Budidarma Medan, 2012, Peraturan Akademik STMIK Budidarma Medan

Tata Sutabri, 2012, Konsep Sistem Informasi, Edisi I, CV. Andi Offset, Jakarta.

Wikipedia, (2017,Mei,8), Absensi [online], Available : http://id.wikipedia.org/absensi.

Wikipedia, (2017,Mei,8), Mahasiswa [online], Available : http://id.wikipedia.org/mahasiswa.

Wikipedia, (2017,Mei,8). Mobile Web [online]. Available : http://id.wikipedia.org/web mobile.

Published

2017-06-02

Issue

Section

Artikel