Implementasi Penyembunyian Pesan Teks pada Citra Gif dengan menggunakan Metode End Of File

Authors

  • Samlyot Hutasoit STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.581

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kejahatan dalam sistem informasi, dengan berbagai tehnik pengambilan informasi secara illegal. Untuk itu ada tuntutan yang semakin besar untuk menciptakan suatu sistem penyampaian informasi yang terjamin keamanannya. Salah satunya adalah dengan steganografi. Steganografi merupakan suatu metode untuk menyisipkan informasi rahasia dalam suatu objek atau media lain. Dengan steganografi, informasi disembunyikan sedemikian rupa sehingga tidak diketahui keberadaannya, yang dikenal dengan istilah informasi hiding. Metode ini berbeda dengan metode kriptografi, yang menyandikan informasi yang ada sehingga tidak dapat dibaca tanpa mengetahui kunci atau sandi yang digunakan, namun keberadaannya tetap diketahui dan tidak disembunyikan. Proyek akhir ini dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic, mengimplementasikan metode steganografi End Of File (EOF) untuk menyembunyikan suatu informasi ke dalam file multimedia. File multimedia yang digunakan adalah file citra, sebagai media pembawa informasi rahasia. Penggunaan teknologi steganografi ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dalam penyampaian informasi, agar informasi-informasi penting akan terlindungi dan tersamarkan keberadaannya dalam file citra digital.

References

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

A. Suhendra, “Steganografi Pada Citra Terkompresi Metode Huffman,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 1, no. 2, pp. 33–39, Dec. 2016.

T. Limbong, “Pengujian Kriptografi Klasik Caesar Chipper Menggunakan Matlab,†no. Sept., vol. 2017, 2015.

A. M. Hasibuan, “Rancang Bangun Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode AES Pada Smartphone,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 1, pp. 29–35, Jun. 2017.

S. Maharani, I. Maula, and Z. Arifin, “STEGANOGRAFI VIDEO MENGGUNAKAN METODE END OF FILE (EOF),†SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 3, pp. 49–56, 2016.

Martono and Irawan, “Penggunaan Steganografi Dengan Metode End of File (EOF) Pada Digital Watermarking - Neliti,†urnal TICOM, 2013. [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/93689/penggunaan-steganografi-dengan-metode-end-of-file-eof-pada-digital-watermarking. [Accessed: 14-Dec-2019].

T. Sutojo, E. Mulyanto, V. Suhartono, and O. K. I. D. W. I. NURHAYATI, “Teori Pengolahan Citra Digital.â€

P. B. N. Simangunsong, “Peningkatan Kualitas Citra Pada Studio Photography Dengan Menggunakan Metode Gaussian Filter,†J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 3, no. 1, pp. 59–63, 2018.

Published

2019-12-14

Issue

Section

Artikel