Evaluasi Sistem Penilaian Tengah dan Akhir Semester Dengan Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus SMKN 5 Kota Tangerang)

Authors

  • Amar Amrullah Universitas Budi Luhur
  • Ade Saputra Universitas Budi Luhur

Abstract

Evaluasi merupakan media yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap sistem yang akan diukur. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan membanding-bandingkan dari hasil setiap kegiatan. Secara umum evaluasi ini dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dari apa yang sudah direncanakan. Pada penelitian ini akan melakukan evaluasi terhadap aplikasi yang digunakan oleh para guru dalam membuat penilaian tengah semester dan akhir semester. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah para guru mata pelajaran didalam membuat soal. Tetapi yang menjadi permasalahan disini adalah para guru yang belum terbiasa menggunakan komputer akan mengalami kesulitan didalam penggunaannya. Dibalik kesulitan tersebut akan ada kemudahan yang didapat. Kemudahan itu akan diukur dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Metode ini akan mengukur seberapa baiknya bila aplikasi ini digunakan oleh para guru didalam membuat soal serta melakukan penilaian. Hasil rata-rata yang didapat pada aplikasi Penilaian Tengah dan Akhir Semester (PenTAS) dengan menggunakan Metode TAM ini sebesar 80.61 %. Dari hasil itu dapat dikatakan bahwa aplikasi Penilaian Semester dan Akhir Semester yang digunakan sangat baik untuk digunakan.

References

M. I. TAMRIN, “Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup,†MENARA Ilmu, vol. XII, no. 79, pp. 80–93, 2018.

Junaidi, Modul Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI, Pertama. Direktorat Pendidikan Agama Islam, 2011.

Mardiah, “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa,†Stud. Didakt. J. Ilm. Bid. Pendidik., vol. 11, no. No. 1, pp. 9–16, 2017.

T. Anggoro, D. Andriani, K. A. Puspitasari, T. Belawati, and I. G. Wardani, Metode Penelitian, 7th ed. Universitas Terbuka, 2014.

N. Alfianika, Metode Penelitian dan Pengajaran Bahasa Indonesia, Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

M. Ilham, “Pengertian Sampel Menurut Para Ahli dan Secara Umum,†2019. [Online]. Available: https://materibelajar.co.id/pengertian-sampel-menurut-para-ahli/. [Accessed: 15-Nov-2019].

A. S. Statistik, “Menentukan Jumlah Sampel Berdasarkan Rumus Solvin,†2016. [Online]. Available: https://www.spssstatistik.com/menentukan-jumlah-sampel-berdasarkan-rumus-slovin/. [Accessed: 15-Nov-2019].

L. Hakim and T. Pertiwi, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website STKIP PGRI Lubuklinggau Menggunakan Metode PIECES,†J. Teknol. Inf. dan Komput. Politek. Sekayu, vol. IX, no. 2, pp. 26–36, 2018.

D. Napitupulu, J. Abdel Kadar, and R. Kartika Jati, “Validity testing of technology acceptance model based on factor analysis approach,†Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 697–704, 2017.

M. D. L. Siahaan and Prihandoko, “Mengukur Tingkat Kepercayaan Sistem Zakat Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Di Kalangan Masyarakat Kampus,†J. Tek. dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 18–24, 2019.

R. A. Setyawan and W. F. Atapukan, “Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert,†Compiler, vol. 7, no. 1, pp. 54–61, 2018.

D. Napitupulu, “Kajian Penerimaan E-Learning Dengan Pendekatan TAM Study Of E-Learning Acceptance Based On TAM Approach,†no. April, 2017.

Published

2019-12-14

Issue

Section

Artikel