Implementasi Fragmentasi Horizontal Basis Data Terdistribusi (Studi Kasus : Sistem Informasi Akademik Universitas Katolik Santo Thomas)

Authors

  • Olivia Romarito Samosir FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Parasian D.P. Silitonga FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.583

Abstract

Dengan kemajuan teknologi komputerisasi yang saat ini berkembang dengan sangat pesat belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan maksimal pada Sistem Informasi Akademik Universitas Katolik Santo Thomas (siak.ust.ac.id). Saat ini seluruh data-data transaksi disimpan kedalam satu komputer yang ada di Pusat Sistem Informasi (PSI). Kondisi seperti ini mengakibatkan proses pengolahan data menjadi kurang baik dan sering mengalami permasalahan, antara lain lamanya proses pengupdatean data karena dikirim langsung ke Pusat Sistem Informasi (PSI). Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan basis data terdistribusi pada Sistem Informasi Akademik Universitas Katolik Santo Thomas (siak.ust.ac.id) yang berbasiskan fragmentasi horizontal database mysql yang nantinya diharapkan dapat membantu proses pengolahan data pada Sistem Informasi Akademik Universitas Katolik Santo Thomas (siak.ust.ac.id). Hasil penelitian ini menunjukkan pembuatan Sistem Informasi Akademik Universitas Katolik Santo Thomas (siak.ust.ac.id) dengan menggunakan Fragmentasi Horizontal Basis Data Terdistribusi dapat mengefisienkan kinerja dalam melakukan pengolahan data, menghemat penggunaan waktu dan tenaga untuk pengolahan data serta meminimalkan resiko kehilangan data atau informasi.

References

J. O. Sembiring and S. Pakpahan, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Barang pada Pintera Kreativ Berbasis Web,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 146–152, Jan. 2018.

VEBRY, “FRAGMENTASI DATA,†2012. [Online]. Available: http://vebry-pungsan.blogspot.com/2012/06/fragmentasi-data.html. [Accessed: 17-Dec-2019].

“Implementasi Basisdata Terdistribusi Pada Sistem Kenaikan Gaji Berkala Dinas Infokom Provinsi Maluku,†IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 6, no. 2, 2013.

M. K. Wijaya, “IMPLEMENTASI HIGH AVAILABILITY CLOUD STORAGE DENGAN METODE REPLIKASI DAN FAILOVER PADA LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA.†University of Muhammadiyah Malang, 2018.

P. D. Silitonga, “Replikasi Basis Data Pada Sistem Pengolahan Data Akademik Univeristas Katolik Santo Thomas,†Jurnal TIMES, 2014. [Online]. Available: http://www.stmik-time.ac.id/ejournal/index.php/jurnalTIMES/article/view/13. [Accessed: 17-Dec-2019].

F. A. Sutanto and J. A. Razak, “Model Fragmentasi Sistem Basis Data Terdistribusi Studi Kasus Sistem Member Warnet,†Dinamik, vol. 15, no. 2, 2010.

Rubiantoro, “Implementasi Fragmentasi Horizontal Basis Data Terdistribusi Pada Penjualan Hasil Produksi Di Unit Usaha Pg . Cinta Manis,†p. 8, 2014.

M. I. B. Banuaji, E. Rahmawan, and M. Kom, “Penerapan Database Terdistribusi Menggunakan Metode Bottom Up Fragmentation Studi Kasus Aplikasi Rekam Medis Pmi Purwokerto,†pp. 1–9.

Published

2019-12-17

Issue

Section

Artikel