Optimasi Datawarehouse Menggunakan MaterializedView dan Framework OVSP (Studi Kasus : PT. Genesis Indojaya Land)

Authors

  • M Baitur Ridwan Universitas Budi Luhur
  • Ade Saputra Universitas Budi Luhur
  • Adhie Sastro Sadewo Universitas Budi Luhur
  • Probo Kusumo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Selatan

Abstract

Penggunaan Data Warehouse sebagai salah satu instrumen penting dalam pengambilan keputusan semakin dirasakan manfaatnya, sehingga banyak digunakan disemua perusahaan baik skala menengah maupun perusahaan besar. Jumlah data yang terus meningkat dari hari ke hari menjadikan tantangan tersendiri untuk dapat menyajikan laporan yang cepat dan akurat. MaterializedView Selection merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi response time yang lambat ketika terjadi akses pada laporan dengan data yang besar maupun query yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan waktu respon menjadi lebih baik dari kondisi sebelumnya dengan dengan mengggunakan framework OVSP yang di kembangkan. Pembentukan MaterializedView pada semua query yang ada adalah tidak mungkin dikarnakan beban maintenance dan penyimpanan yang menjadi semakin bertambah. Penelitian ini melakukan strategi seleksi pada MaterializedView dalam sebuah Data Warehouse dengan memperhatikan komposisi aspek maintenance, frekuensi query, waktu respon query dan penyimpanan. Hasil pengujian menggunakan framework OVSP atau OptimizeView Selection Problem yang terlah di kembangkan dalam penelitian ini terbukti menghasilkan komposisi MaterializedView secara otomatis dan terjadi peningkatan waktu respon yang baik rata-rata sebesar 65% pada hasil pengujian yang dilakukan.

References

M. K. Sohrabi and H. Azgomi, “TSGV: A Table-Like Structure-Based Greedy Method For MaterializedView Selection In Data Warehouses,†Turkish J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 25, no. 4, pp. 3175–3187, 2017.

M. K. Sohrabi and V. Ghods, “MaterializedView Selection for a Data Warehouse Using Frequent Itemset Mining,†J. Comput., vol. 11, no. 2, pp. 140–148, 2015.

C. A. Dhote and M. S. Ali, “MaterializedView Selection in Data Warehousing,†2007.

B. Ashadevi and D. A. Affairs, “A Framework for theView Selection Problem in Data Warehousing Environment,†vol. 02, no. 09, pp. 2820–2826, 2010.

Gupta, “Selection of views to materialize in a Data Warehouse,†2005.

J. Kavita and S. Darudito, “Model Seleksi MaterializedView Untuk Meningkatkan Performansi Query Pada Data Warehouse.pdf.†Binus University Graduate Program, Jakarta Barat, 2012.

R. Balasubramanian and B. Ashadevi, “Cost Effective Approach for MaterializedView Selection in Data Warehousing Environment,†Int. J. Comput. Sci. Netw. Secur., vol. 8, no. 10, pp. 236–242, 2008.

B. Ashadevi and R. Balasubramanian, “Optimized Cost Effective Approach for Selection of Materialized Views in Data Warehousing,†J. Comput. Sci. {&} Technol., vol. 9, no. 1, pp. 21–26, 2009.

M. S. Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,†2011. .

T. Connoly and Carolyn Berg, Pearson.Database.Systems.A.Practical.Approach.to.Design.Implementation.and.Management.6th.Global.Edition.1292061189.pdf. 2009.

Published

2019-12-19

Issue

Section

Artikel