Implementasi Metode Simple Additive Weighting Dalam Penerimaan Tenaga Medis / Kesehatan

Authors

  • Edward Robinson Siagian STMIK Budi Darma Medan
  • Berto Nadeak STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.586

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi yang meyediakan infomasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem yang digunakan untuk membantu pengambil keputusan dalam situasi yang semi terstruktur, dimana tidak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Dalam perekrutan Tenaga Medis / Kesehatan yang berkualitas pada sebuah rumah sakit memiliki beberapa kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh peserta sebagai syarat dalam mengikuti seleksi penerimaan pegawai dibutuhkan sistem pendukung keputusan. Proses penyeleksian dengan alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode simple additive weighting (SAW), dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perengkingan atau perekrutan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu peserta tebaik

References

K. INFORMASI, “Pengertian Tenaga Kesehatan dan Jenisnya,†2017. [Online]. Available: https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-tenaga-kesehatan-dan-jenisnya. [Accessed: 18-Dec-2019].

M. K. Kusrini and M. Kom, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan,†2007.

S. Mahulae and T. Limbong, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting dalam Penentuan Guru untuk diusulkan Sertifikasi,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 1, pp. 58–63, 2019.

J. Simarmata, T. Limbong, M. Aritonang, and S. Sriadhi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU BIDANG STUDI KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW),†Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, pp. 186–190, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2017.

A. Ompusunggu, Nego and L. Sitorus, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Asisten Praktikum menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 185–189, 2018.

I. M. K. Wijaya, N. N. M. Agustini, and G. D. T. MS, “PENGETAHUAN, SIKAP DAN AKTIVITAS REMAJA SMA DALAM KESEHATAN REPRODUKSI DI KECAMATAN BULELENG,†J. Kesehat. Masy., vol. 10, no. 11, pp. 33–42, 2014.

PERMEN Kesehatan RI No. 6 Tahun 2016, vol. 9, no. 2. 2016, p. 10.

Published

2019-12-19

Issue

Section

Artikel