Teknologi Identifikasi Objek Berbasis Drone Menggunakan Algoritma Sift Citra Digital

Authors

  • Harvei Desmon Hutahaean Universitas Negeri Medan
  • Bakti Dwi Waluyo Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Amin Rais Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.590

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografis berada pada jalur khatulistiwa dengan morfologi yang beraneka ragam dari daratan sampai perguruan tinggi. Kekayaan alam Indonesia dengan luas wilayahnya, merupakan sumber yang harus dijaga kelestariannya. Hanya saja terkadang semakin berkembangnya negara Indoesia, semakin banyak dibuat pembangunan, perubahan dan sebagainya sehingga manusia sendiri sering menanggung akibatnya, salah satunya bencana.Penggunaan Teknologi dalam mendeteksi suatu objek sangat popular pada saat ini mulai dari kebutuhan dalam mendeteksi objek seperti wajah, sidik jari dan sejenisnya menjadi awal dalam pengembangan aplikasi olah citra digital yang lebih efisien dan modern. Dalam kajian ini membahas tentang bagaimana sebuah Drone (DSAR) yang dilengkapi dengan teknologi identifikasi objek dengan menggunakan sebuah algoritma SIFT pada citra digital dalam membantu petugas Tim SAR (Search and Rescue) mengidentifikasi objek dan gambar melalui sebuah Drone pada sebuah area yang mengalami suatu bencana atau kecelakaan, yang kemudian dikirimkan ke Komputer untuk diproses. Dengan ini Tim akan mudah dalam melakukan Pemetaan Objek dan dapat mengkordinatkan lokasi yang akan di Cari dan di Evakuasi.

References

A. Setiyawan et al., “Pencocokan Citra Berbasis Scale Invariant Feature Transform ( SIFT ) menggunakan Arc Cosinus,†1999.

P. O. Bergerak, S. E. Agustina, and I. Mukhlash, “Implementasi Metode Scale Invariant Feature Transform ( SIFT ) Dan Metode Continuosly Adaptive Mean-Shift ( Camshift ) Pada,†vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012.

T. Sutojo, E. Mulyanto, V. Suhartono, and O. K. I. D. W. I. NURHAYATI, “Teori Pengolahan Citra Digital.â€

P. B. N. Simangunsong, “Peningkatan Kualitas Citra Pada Studio Photography Dengan Menggunakan Metode Gaussian Filter,†J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 3, no. 1, pp. 59–63, 2018.

S. E. Agustina, “IMPLEMENTASI METODE SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM DAN METODE CAMSHIFT PADA PENJEJAKAN OBJEK BERGERAK,†Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2019. [Online]. Available: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-24018-1207100024-Presentation.pdf. [Accessed: 24-Dec-2019].

M. Koeshardianto, “Pencocokan Obyek Wajah Menggunakan Metode Sift ( Scale Invariant Feature Transform ),†Nero, vol. 1, no. 1, pp. 53–59, 2014.

Published

2019-12-24

Issue

Section

Artikel