Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Authors

  • Offen Niston Giawa FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Masdiana Sagala FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.592

Abstract

Perguruan tinggi dalam menyelengarakan pendidikan memberikan layanan dan fasilitass yang memadai kepada mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi sebagai pendukung dari pengembangan pendidikan Dalam pengembangan pendidikan untuk mahasiswa tidak hanya pelayanan dan fasiltias namun ada berupa bantuan dalam biaya pendidikan. Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud berupa program beasiswa. Program beasiswa ini diharapkan dapat memacu minat mahasiswa dalam belajar menjadi lebih baik. Salah satunya adalah program beasiswa berprestasi. Untuk menentukan penerima beasiswa berprestasi, bagian kemahasiswaan memilih calon penerima beasiswa mahasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi. Dalam proses pemilihan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, bagian kemahasiswaan mengalami kesulitan untuk memilih data calon penerima beasiswa. Karena banyaknya calon penerima beasiswa yang dapat terpilih, namun mahasiswa yang terpilih belum tepat sebagai penerima beasiswa. hal ini terjadi disebabkan belum adanya sistem yang dapat membantu bagian kemahasiswaan dalam menentukan penerima beasiswa secara cepat dan akurat. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, penulis dalam penelitian ini membuat sistem pendukung keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Berprestasi Menggunakan Dengan Metode SAW ( Simple Additive Weighting) Sistem ini dapat membantu bagian kemahasiswaan dalam menentukan penerima beasiswa mahasiswa berdasarkan data administrasi calon penerima beasiswa sesuai kreteria dan syarat yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi. Sehingga beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa tepat kepada penerimanya.

References

“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.â€

Tonni Limbong, “PENDIDIKAN BERBASIS IT DAN ETIKANYA ,†Jayapangus Press, vol. 1, no. 1, pp. 52–79, 2018.

J. Sistem Informasi, S. Tinggi Manajemen Informatika, and T. Komputer Surabaya, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO 1) Fery Romidhoni Eprilianto 2) Tri Sagirani 3) Tan Amelia.â€

A. Rikki, “Pengujian Sistem Pendukung Keputusan Metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product dengan Matlab,†vol. 2, no. 1, pp. 47–51, 2017.

M. K. Kusrini and M. Kom, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan,†2007.

S. Mahulae and T. Limbong, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting dalam Penentuan Guru untuk diusulkan Sertifikasi,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 1, pp. 58–63, 2019.

J. Simarmata, T. Limbong, M. Aritonang, and S. Sriadhi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU BIDANG STUDI KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW),†Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, pp. 186–190, 2018.

Published

2019-12-27

Issue

Section

Artikel