Implementasi Enkripsi Triple Transposition Vigenere Cipher dan Steganografi Metode Least Significant Bit pada Citra

Authors

  • Romanus Damanik Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v5i1.764

Abstract

Kriptografi merupakan ilmu sekaligus seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyamarkannya menjadi bentuk tersandi yang tidak mempunyai makna. Berbeda dengan kriptografi yang merahasiakan makna pesan namun keberadaan pesan tetap ada, steganografi merahasiakan dengan menutupi atau menyembunyikan pesan. Dengan menggabungkan kriptografi dan steganografi maka akan dapat memberikan keamanan yang lebih baik pada pesan rahasia, dimana pesan rahasia (plainteks) yang dimiliki terlebih dahulu dienkripsi dengan menggunakan algoritma Triple Transposition Vigenere Cipher, kemudian cipherteks hasil enkripsi tersebut disembunyikan di dalam media citra bitmap dengan metode steganografi Least Significant Bit (LSB). Implementasi algoritma kriptografi dan metode steganografi diharapkan dapat lebih meningkatkan keamanan pada pesan rahasia. Kata Kunci: Kriptografi, steganografi, plainteks, cipherteks, triple transposition vigenere cipher, least significant bit

References

Anindyawati Nina, Suryani Esti, 2012, Pembangunan Aplikasi Penyembunyian Pesan Menggunakan Metode End Of File (EOF) ke dalam Citra Digital Terhadap Pesan yang Terenkripsi Dengan Algoritma RSA, Jurnal ITSMART. Vol 1 (1)

Ariyus Dony, 2008, Pengantar Ilmu Kriptografi Teori Analisis dan Implementasi, Andi Offset, Yogyakarta

Lubis Ali Akbar, Wong Ng Poi, Arfiandi Irfan, Damanik V Immanuel dan Maulana Adithya, 2015, Steganografi Pada Citra Dengan Metode MLSB dan Enkripsi Triple Transposition Vigenere Cipher, JSM STMIK Mikroskil. Vol 16 (2) : 125-134

Munir Rinaldi, 2006, Kriptografi, Informatika, Bandung

Saefullah Asep, Himawan, Agani Nazori, 2012, Aplikasi Steganografi Untuk Menyembunyikan Teks Dalam Media Image Dengan Menggunakan Metode LSB, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012)

Sadikin R, 2012, Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan, Andi Offset,Yogyakarta

Suarga, 2012, Algoritma dan Pemrograman, Andi Offset, Yogyakarta

Zain, Ruri Hartika, 2012, Perancangan dan Implementasi Cryptography Dengan Metode Algoritma RC4 Pada Type File Document Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0, Jurnal Momentum. Vol 12 (1)

Published

2020-06-30

Issue

Section

Artikel