Sistem Informasi Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Pada LPPM Universitas Dhyana Pura Menggunakan Symfony Framework

Authors

  • I Made Dwi Ardiada Universitas Dhyana Pura Bali
  • I Nyoman Bernadus Universitas Dhyana Pura Bali
  • Gerson Feoh Universitas Dhyana Pura Bali

DOI:

https://doi.org/10.17605/jtiust.v5i2.942

Keywords:

framework, hak cipta, informasi, sistem, symfony

Abstract

LPPM adalah salah satu lembaga atau biro yang ada di Universitas Dhyana Pura yang memiliki beberapa kegiatan yang meliputi pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Pihak LPPM masih belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi informasi sehingga menimbulkan beberapa permasalah. Permasalahan tersebut antara lain proses permohonan yang masih dilakukan secara manual, tidak adanya histori permohonan, dan tidak adanya proses penilaian. Aplikasi pengelolaan HKI ini dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Aplikasi ini dibuat menggunakan Symfony Framework. Symfony Framework salah satu kerangka yang terbaik untuk tingkat perusahaan yang kompleks aplikasi, dan untuk dengan cepat dan efisien memperkaya sistem informasi lembaga. Dengan Demikian Pemohon dapat melakukan permohonan dimanapun dan kapanpun. Adanya histori permohonan untuk proses pemantauan.

References

M. Alfons, “Implementasi Hak Kekayaan Intelektual Dalam Persepektif Negara Hukum,†J. Legis. Indones., vol. 14, pp. 301–312, 2017.

S. Adhi Pratomo, “Manajemen Aset Kekayaan Intelektual,†Kiat BISNIS, vol. 6, no. 5, pp. 470–476, 2017.

W. Darmalaksana, “Permohonan Hak Cipta atas Kekayaan Intelektual Berbasis Elektronik,†J. Ris. dan Inov., vol. November-, pp. 1–16, 2017.

W. Nugraha, M. Syarif, and W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode SDLC Waterfall dalam Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Desktop,†JUSIM ( J. Sist. Inf. Musirawas ), vol. 03, no. 01, pp. 23–29, 2018.

Abdul Kadir, Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL. 2009.

Wardana, Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. 2010.

M. Laaziri, K. Benmoussa, S. Khoulji, K. M. Larbi, and A. El Yamami, “A comparative study of laravel and symfony PHP frameworks,†vol. 9, no. 1, pp. 704–712, 2019.

I. G. Ngurah, W. Pratama, I. G. N. A. Cahyadi, P. Aulia, and I. Datya, “Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Website ( Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura Bali ),†J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 342–351, 2017.

Published

2020-12-04

Issue

Section

Artikel