Aplikasi Optimasi Pendistribusian Batako Menggunakan Metode Least Cost (Studi Kasus : Toko Cendrawasih Webriamata

Authors

  • Ignasius Giovani Seran Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Frengky Tedy Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Ign. Pricher A.N. Samane Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Keywords:

Pengiriman, Batako, Least Cost

Abstract

Batako merupakan salah satu bahan bangunan penting dalam kegiatan mendirikan sebuah bangunan. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan batako, sehingga penyelesain permasalahan yang kompleks terhadap pengiriman batako merupakan sesuatu yang penting. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perhitungan yang dapat mengoptimalkan biaya pengiriman batako. Distribusi batako dari beberapa tempat seperti Weoe, Webriamata dan Weliman yang dilakukan oleh Toko Cendrawasih seringkali mendapat sedikit keuntungan karena kesulitan dalam menentukan prioritas distribusi mereka berdasarkan biaya minimum. Aplikasi optimasi pendistribusian batako adalah penerapan metode Least Cost pada penentuan jalur distribusi batako agar dapat memperoleh biaya minimum. Prinsip kerja metode Least Cost adalah pemberian prioritas pengalokasian yang mempunyai biaya satuan terkecil (biaya per unit terkecil). Tujuan penelitian ini, menerapkan biaya transportasi distribusi pengiriman batako pada Toko Cendrawasih dengan menggunakan metode Least Cost agar pihak Toko dapat memperoleh biaya pengiriman minmum.

References

Nelwan, C., Kekenusa, J. S., & Langi, Y. (2013). Optimasi Pendistribusian Air dengan Menggunakan Metode Least Cost dan Metode Modified Distribution (Studi Kasus : PDAM Kabupaten Minahasa Utara ) Optimization Of Water Distribution Using Least Cost Method And Modified Distribution Method ( Case Study on. Jurnal Ilmiah Sains, 13(1).

Juliawan, K.G.S., & Darmawiguna, I. G. M. (2015). Simulasi Metode Penugasan dan Transportasi untuk Pembelajaran Riset Operasional Berbasis Web. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 4, 96–103.

A. Azwar Dwi (2018). Perbandingan Metode Least Cost – Modi dan Metode Least Cost – Stepping Stone pada Pengoptimalan Distrbusi Barang. Universitas Sumatera Utara.

Husnah, L. (2013). Penerapan Metode Transportasi Least Cost dalam Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang Pada PT. Pos Indonesia(Persero) Medan. Pelita Informatika Budi Darma, 5(2).

Shalahuddin, & Rosa A.S, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Cetakan Keempat. Bandung: Informatika Bandung.

Enterprise, Jubilee (2015). Mengenal Pemograman Database. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fathansyah (2015. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Supryanto. (2010). Belajar Java Dengan Mengguankan Database Mysql. Jakarta : Trans Media Pustaka.

Rickyanto. (2003). Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Java 2 (JDK 1.4). Andi, Yogyakarta.

Irwan, H., & Methalina, V. (2017). Otimasi Penjadwalan Produksi dengan Metode Transportasi –. PROFISIENSI, 5(1), 22–32.

Published

2020-12-10

Issue

Section

Artikel