ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN TES PILIHAN GANDA SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA DAN SMP YAYASAN SERI AMAL TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Losten Tamba FKIP Universitas Santo Thomas Medan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui atau menganalisis kesalahan penyusunan tes pilihan ganda matapelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam ujian akhir semester kelas 9 dan kelas 12. Penelitian dilakukan pada bulan  Maret-April 2021 kepada naskah soal pilihan ganda matapelajaran Bahasa Indonesia yang berjumlah 60 butir soal. Sebelum soal dianalisis secara deskriptif, butir soal dianalisis berdasarkan proporsi distracter untuk mengetahui butir soal yang tidak baik. Soal yang tidak baik dianalisis berdasarkan materi, konstruksi, dan bahasa.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara, 2005.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), 2017.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill), 2019.

Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara, 2019.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Desain Pengembangan Soal AKM, 2020.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill), 2019.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan (cetakan ke-13) . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Published

2021-07-07

Issue

Section

Artikel