PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELASVIII SMP BUDI MURNI 3 MEDAN

Authors

  • Melvianus Gulo FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losten Tamba FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan model pembelajaran silent demonstration terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Penelitian  ini dilakukan di SMP Budi Murni 3 Medan pada bulan Mei 2017. Subjek penelitian ini berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen static group comparison design yang dilaksanakan pada dua kelompok. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai dalam bentuk penugasan yaitu menuliskan teks prosedur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “tâ€. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik yang menunjukkan bahwa kemampuan  menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran silent demonstration termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78.63. Sedangkan kemampuan  menulis  tanpa menggunakan model pembelajaran silent demonstration  termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61.80. Selanjutnya, pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 6.27 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan =0.05 dengan dk = 58 adalah 2.01. Oleh karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6.27> 2.01 maka terbukti bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran silent demonstration berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis  teks prosedur siswa kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Implikasi penelitian ialah siswa lebih mudah dalam menulis teks prosedur melalui peragaan yang sedikit penjelasan dari guru (bisu). Peneliti menyarankan bahwa kemampuan menulis teks prosedur perlu ditingkatkan melalui model yang sesuai. 

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, Hesti. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Salaman Tahun Pelajaran 2014/2015â€.Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwerejo Vol. 3 No. 31. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2679. Diakses tanggal pada tanggal 04 Januari 2017.

Atmazaki.2013.“Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentikâ€. Jurnal Universitas Negeri Padang ISBN: 978-602-17017-2-0. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/isla/article/view/3962. Diakses pada tanggal 06 Januari 2017.

Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Diksi: Jakarta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kaelan. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kemendikbud.

________. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Goris. 2001. Komposisi. Semarang: Nusa indah.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurhemy, Try Nesia, dkk. 2011. “Penerapan Active Learning dengan Silent Demonstration untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 14 Surakartaâ€. Jurnal Universitas Sebelas Maret Vol 3 No 3. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1454. Diakses tanggal 04 Mei 2017.

Nuruddin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ke- IV). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ritonga, Parlaungan. Mascahaya, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Praktis. Medan: Bartong Jaya.

Sakti, Indra. 2011. “Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkuluâ€. Jurnal Exacta, Vol. IX No.1.http://repository.unib.ac.id/532/1/10.%20Indra%20Sakti%2067-76.pdf. Diakses Taggal 04 Mei 2017.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Siregar, Mustika Wati. “Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Bisu (Silent Demonstration) terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013â€. Jurnal Universitas Negeri Medan Vol. 2 No. 2 Tahun 2013. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/sasindo/article/view/653. Diakses pada tanggal 05 Januari 2017.

Sitorus, Pontas, dkk. (2015). Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Medan: Lembaga Kajian Ekolinguistik (LKE).

Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

______. 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipan. Bandung: Falah Fundaction.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistyowati, Trisni dan Anang Krisdiyanto. 2014. Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku. Surakarta. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarifudin. 2013. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Tangerang: Scientific Press.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tampubolon, Zuzun Maria Rezeki. 2015. “Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015â€. Medan: UNIMED (Skripsi yang tidak dipublikasikan).

Tarigan, Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa.Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi. 1997. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi YKPN.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-06-29

How to Cite

Gulo, M., & Tamba, L. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELASVIII SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(1), 46–55. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.494

Issue

Section

Artikel