ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMP SANTO THOMAS 3 MEDAN

Authors

  • Lusiana - Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Berman Hutahaean Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum 2013 di SMP St. Thomas 3 Medan. Permasalahan kesulitan belajar dalam kurikulum 2013 (K-13) tersebut dideskripsikan berdasarkan dua aspek yang meliputi faktor kesulitan belajar dilihat dari inteligensi dan faktor kesulitan belajar dilihat dari non-inteligensi siswa dalam  pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah guru, siswa, orang tua dan peneliti, di SMP St. Thomas 3 Medan yang menerapkan K-13. Data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil angket, wawancara, observasi dianalisis menggunakan teknik deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP St. Thomas 3 Medan menerapkan K-13 dengan sangat baik. Namun siswa yang belum siap  atau tidak mampu untuk menerima kurikulum 2013. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, guru sudah menerapkan beberapa model pembelajaran yang dianjurkan untuk implementasi K-13. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia yang dialami oleh peserta didik di antaranya: kurang lancar membaca, tulisan yang sulit dibaca, keterlambatan dalam pemahaman, malas belajar, serta kurang antusias peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu guru juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kesulitan belajar peserta didik yaitu: cara mengajar guru yang kurang efektif, serta kurangnya motivasi dari keluarga dan orang tua. Melihat dari banyaknya kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik maka sangat diharapkan kepada guru agar lebih dini mendeteksi jenis kesulitan belajar khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga dapat dilakukan pencegahan atau pemberian solusi sedini mungkin

References

Abidin, 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto dan Suharsimi, 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Agusrida, 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013: Sebuah Kajian dalam Mata Diklat Penerapan Kurikulum 2013.

Anzar dan Mardhatillah, 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Vol. 4 No. 1.

Basuki, dkk. 2017. Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. LITERA, Vol. 16, No. 1

Budiman, Aviv. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Ma’arif Salam.

Delviana, dkk. 2018. Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh dalam Pembelajaran Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia. Vol. 1 No. 7.

Hosnan, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Hidayat, 2013. Mengenal Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Hamid, 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lestari, dkk. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar.

E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3 No. 1.

Margona, S. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa, 2016. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mundofir, 2015. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMAN 6 dan SMAN 7 Banjarmasin (The Problematic Of Learning Indonesian in Curriculum 2013 In SMA Negeri 7 Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya.

Permendikbud tahun 2016 no 021, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Tahun 2016 no 021, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Siswanto, dkk. 2014. Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru Bahasa Indonesia se Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Yani dan Ruhimat, Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Renika Aditama.

Yani, 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Published

2019-12-27

How to Cite

-, L., & Hutahaean, B. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMP SANTO THOMAS 3 MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(2), 96–108. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.598

Issue

Section

Artikel