PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • R.L. Holmes Parhusip Universitas Quality
  • Yason Mendrofa Universitas Quality
  • Hartono S Universitas Quality
  • Heryanto Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2689

Keywords:

Kepemimpinan Guru, Prestasi Belajar, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan guru terhadap  prestasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, dengan variabel kepemimpinan guru (variabel bebas) dan Prestasi Belajar(variabel terikat). Penentuan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Sugiyono dan diperoleh 30 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan skala Likert. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji Normalitas dengan metode Kolmogorov Shapiro-Wilk. Pada uji analisis data menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian kelas IV SD Negeri No 100409 Sampe Cita Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang diperoleh, kepemimpina  guru termasuk kriteria sangat tinggi dengan rata-rata 83,43, prestasi belajar siswa berkriteria sangat tinggi dengan rata-raa 81,67 dan ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar  siswa.

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim. (2018). Kepemimpinan Pendidikan . Bandung : Alfabeta CV.

Djamarah. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Silaban, P.J., Hasibuan, Asnita (2019). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VI SD Pada Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal 780 – 787.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar . Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Priansa, J. D. (2019:54). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Pulungan, I. I. (2018). Ensiklopedia Pendidikan . Medan: Media Persada.

Sipayung. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas VI SD Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong.1 . Vol.VI.

Slameto. (2018). Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, R. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Pendidikan Dasar Perkhasa , Vol 4. Hal 223.

Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Syafaruddin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media.

Whardani. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMP Negeri Parepare . Vol.3 Hal 323.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Parhusip, R. . H. ., Mendrofa, Y. ., S, H. ., & Heryanto, H. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 134–138. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2689

Issue

Section

Artikel