PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN SOFTRE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1682Keywords:
Pemahaman Matematis, TPS, AutographAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan software Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada materi grafik fungsi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 1 SMA Santo Yoseph Medan dengan jumlah siswa 36 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS dengan software Autograph. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dengan software Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pada materi grafik fungsi trigonometri di kelas X MIPA 1 SMA Santo Yoseph MedanReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azhar, Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto, 2010. “Evaluasi Pembelajaran”. Jakarta : Rineke Cipta
Dimyati, 2013. Belajar dan Pembelajaran: Jakarta: Rineka Cipta.
Jihad, Asep & Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Matematika Kurikulum 2013, Buku Siswa Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.
Kurnia, Zana. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model TAI Berbantuan Media Visual Siswa Kelas VB SDN Tambak Aji 04 Semarang. PGSD. FKIP. Universitas Negri Semarang.
Lie, Anita, 2010. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Nelvan, Julivky., dkk., 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Materi Identitas Trigonometri. http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/660390. Diakses pada 12 april 2019, pukul 00.15 WIB.
Pakpahan, Wildaniah Nur., dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X MIA MAN 1 Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Riau
Pulungan & Istarani, 2015.Ensiklopedi Pendidikan. Medan: LARISPA.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saragih, Sahat., dkk., Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VII Langsa. Paradigma Jurnal pendidikan Matematika. Vol. 6, 2013.
Sanjaya, Wina. 2014 Penelitian Tidak Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, R. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Yogyakarta: Nuha Medika.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR – Ruzz Media.
Sihombing, Imelda. 2011. “Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Media Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematik Siswa”. Tesis. Universitas Negeri Medan.
Slameto. 2017. “Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soemarmo, Utari. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.