PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SOFTWARE WINGEOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1685Keywords:
Berpikir Kritis, CTL, Software WingeomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan media Software Wingeom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-4 SMP Santo Petrus Medan dengan jumlah siswa 32 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan media Software Wingeom. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bangun ruang setelah memberikan perlakuan pembelajaran dengan berbantuan Software WingeomReferences
Agus, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Bberpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Padangsidempuan. Volume 3 Nomor 2, p-ISSN: 2598-2400, e-ISSN: 2502-101X.
Aqib. 2015, Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran, Kontekstual Bandung: Yrama Widya.
Arikunto. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2013, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Binataria, dkk. 2013. Modul Tutorial Wingeom. PPM Jurdimat FMIPA UNY.
Hasibuan Idrus, 2014. Model Pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning) Logaritma Vol. II, No.01.
Halimah, dkk, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Software Wingeom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Volume 1 Nomer 2
Jihad, Asep & Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kamarullah, 2017. Pendidikan Matematika Disekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 1, No.1, ISSN 2549-3901 E-ISSN 2549-3914.
Kusmanto Hadi, 2014. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga), EduMa Vol.3 No.1, ISSN 2086-3918.
Nababan. Dkk, 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Litongnihuta. Jurnal Education Building. Volume 1, Nomor 2, hal 185-195, ISSN: 2477-4898.
Nugroho, 2017. Scaffolding Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajaran, Vol.2, No.1. ISSN: 2527-6182. Html, diakses pada 16 Januari 2019
Pinahayu Ajeng Rahmi.dkk, 2018. Implementasi Aplikasi Wingeom Untuk Pengembangan Bahan Ajar Di SMP. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.01 No.02. hal 112-121 p-ISSN 2614-574, e-ISSN 2615-4749.
Rahmatina Desi, 2016. Penggunaan Program Wingeom Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-602-73403-1-2
Rusman.2017, Belajar & Pembelajaran.Bandung : Kencana
Sanjaya,Wina, 2013.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Sianturi.dkk, 2018. Pengaruh Model Based Learning (PBL)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No.1,.
Soemarmo,Utari, 2014.Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Shoimin, Aris, 2016. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.
Sudjana,Nana, 2016.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset
Susanto Ahmad, 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syahbana, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contekstual Teaching and Learning, Edumatica, vol, 02, no. April, pp. 45-57, 2012
Tampubolon,Saur.2014.Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikdan Keilmuan.Jakarta: Erlangga
Yanti.dkk, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklingga Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol.2 No.2.
Wahyuni T & Nuharini D, 2015. Matematika Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Buku Sekolah Elektronik (BSE)