ETNOMATEMATIKA PADA TAMAN WISATA IMAN SITINJO DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Authors

  • Paulina Simbolon Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1686

Keywords:

etnomatematika, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek etnomatematika yang ada di Taman Wisata Iman Sitinjo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kleas XI IPA-3 SMA Santu Petrus Sidikalang yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui aspek etnomatematika yang ada ditaman iman khususnya dalam bidang geometri bidang datar adalah persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Sehingga Taman Wisata Iman tersebut dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika di Sekolah. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa SMA Santu Petrus Sidikalang, mereka sangat tertarik dan suka dengan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan benda-benda nyata yang ada dalam kehiduan sehari-hari.

Author Biography

Paulina Simbolon, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Andriyani, Kuntarto, E. 2017. Etnomatematika: Model Baru Dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang Vol. II, No. 2. Diakses pada September 2017.

Apit Supriatna. 2017. Etnomatematika: Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam. Seminar Nasional Pendidikan 2017.

Fajriyah, Euis. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Jurnal Unnes Vol. 1. No. 1 2018.

Hardiarti, Sylviyani. 2017. Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Jurnal Aksioma Vol. 8, No. 2. Diakses pada November 2017.

Hasanah, H. 2017. Teknik-Teknik Observasi (sebuah alternative metode pengumpulan data kualitatif ilmu sosial). Jurnal Altaqaddum Vol 8, No. 1.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Sipayung, T. N., & Sembiring, R. K. An Analysis of Students’ Errors in Resolving The Problems In The Topic Opportunity.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Simbolon, P. . (2022). ETNOMATEMATIKA PADA TAMAN WISATA IMAN SITINJO DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 141–155. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1686

Issue

Section

Artikel