PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1688Keywords:
CTL, kemampuan penalaran, , Mode ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa pada pembelajaran matematika dengan kelas VII SMP Dharma Wanita Pertiwi Medan dengan menggunakan model pemebelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Researchand Development (R&D). Hasil temuan menunjukan bahwa nilai rata–rata hasil tes kemampuan awal siswa hanya mencapai 55,33%, sedangkan nilai ketuntasan Belajar secara klasikal yang diproleh hanya 22,23%. Ketuntasan Nilai KKM yaitu 75, sedangkan siswa yang memperoleh hasil tes 75 dinyatakan mencapai ketuntasan belajar. Hal ini yang menunjukan bahwa Nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran siswa mencapai 65,03%, dan ketuntasan Klasikal yang diperoleh adalah 66,67%. Berdasarkan hasil analsis ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswaReferences
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Jawa Y.D, dan Oktavianus M. 2019. Analisis Kemampuan Matematika Siswa Smp di Kefamenanu dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal.
Latif, S dan Irwan Akib. 2016. Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2).
Mawaddah dan Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2),166-175.
Mita, D.S., Linda, Nur (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA. Lentera Sriwijaya, 1(2) 25-33.
Nirmalitasari O.S. 2012. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahlan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Jurnal
Novitasari D, 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal.
OECD (2013), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing.
Rahmawati E, Annajmi, Hardianto. 2016. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/930
Sapitri Y, Citra U, Mariyam. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Endedp pada Meteri Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Variabel, 2(1), 16-23.
Setiawan H, Dafik, Nurcholif D.S.L. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Simalango, M.M., Darmawijoyo, Aisyah, N. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5 dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1), 43-58. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4246/pdf
Slameto. 2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi ( Mix Methods). Bandung: Alfabeta.