PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA

Authors

  • Lusia Novita Sari Situmeang Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1688

Keywords:

CTL, kemampuan penalaran, , Mode ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa pada pembelajaran matematika dengan kelas VII SMP Dharma Wanita Pertiwi Medan dengan menggunakan model pemebelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Researchand Development (R&D). Hasil temuan menunjukan bahwa nilai rata–rata hasil tes kemampuan awal siswa hanya mencapai 55,33%, sedangkan nilai ketuntasan Belajar secara klasikal  yang diproleh hanya 22,23%.  Ketuntasan Nilai KKM yaitu 75, sedangkan siswa yang memperoleh hasil tes  75 dinyatakan mencapai ketuntasan belajar. Hal ini yang menunjukan bahwa Nilai rata-rata  hasil tes kemampuan penalaran siswa mencapai 65,03%, dan ketuntasan Klasikal yang diperoleh adalah 66,67%. Berdasarkan hasil analsis ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa

Author Biography

Lusia Novita Sari Situmeang, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Jawa Y.D, dan Oktavianus M. 2019. Analisis Kemampuan Matematika Siswa Smp di Kefamenanu dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal.

Latif, S dan Irwan Akib. 2016. Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2).

Mawaddah dan Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2),166-175.

Mita, D.S., Linda, Nur (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA. Lentera Sriwijaya, 1(2) 25-33.

Nirmalitasari O.S. 2012. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahlan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Jurnal

Novitasari D, 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal.

OECD (2013), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing.

Rahmawati E, Annajmi, Hardianto. 2016. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/930

Sapitri Y, Citra U, Mariyam. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Endedp pada Meteri Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Variabel, 2(1), 16-23.

Setiawan H, Dafik, Nurcholif D.S.L. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Simalango, M.M., Darmawijoyo, Aisyah, N. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5 dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1), 43-58. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4246/pdf

Slameto. 2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi ( Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Situmeang, L. N. S. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 156-`169. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1688

Issue

Section

Artikel