ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN

Authors

  • Rani Pasaribu Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1690

Keywords:

Kesulitan, Berpikir Kreatif, Kubus Balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi kubus dan balok di SMP Budi murni 2 Medan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dillakukan maka kesimpulan yang di peroleh adalah kesulitan memberikan beragam ide penyelesaian, kesulitan memberikan beragam cara penyelesaian, kesulitan menguraikan secara rinci penyelesaian terhadap persoalan, dan kesulitan menghasilkan ide penyelesaian yang tidak lazim digunakan oleh siswa. Jenis kesulitan yang dialami siswa paling banyak yaitu kesulitan dalam menghasilkan ide penyelesaian yang tidak lazim digunakan oleh siswa sebanyak 25% sedangkan kesulitan paling sedikit adalah kesulitan memberikan beragam cara penyelesaian sebanyak 7,03%

Author Biography

Rani Pasaribu, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

. Ahadiyah, F. Latifah, 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 17 Surakarta.

. Ardiansyah, A. Satrio. 2015. “Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning”.

. ArikuntoSuharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:RinekaCipta

. ArikuntoSuharsimi, 2013. Dasar – DasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara.

. Fardah, D. K. 2015. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 3, No. 2. ISSN: 2086-2334.

. Imelda. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan kreativitas Matematika Siswa SMP Negeri 4 Binjai”. Jurnal Saintech 7 ISSN : 2086 – 9681.

Januari, E., Yusmin, E., & Nur, A. 2017. “Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Bangun Ruang Di SMP Kristen Maranatha Pontianak”.Artikel Penelitian.

Jihad & Abdul, 2018. “EvaluasiPembelajaran”. Jakarta : Multi Presindo.

Kenedi. 2017. “Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran di kelas II SMPNegeri 3 Rokan IV Koto”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Vol. 3 No. 2,

. King, L. A. 2016. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta:Salemba Humanika.

. Kristanti V. Dwi, 2017. “Analisis Kesulitan dan Kemampuan Siswa dalamMenyelesaikan Soal Matematika Materi Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas VIII A SMP Institut Indonesia”.

[. Minarti., Pitoewas, B., & Yanzi, H. 2015. “Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pelaksanaan Belajar Tuntas”. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol 3, No. 3.

. Moleong, L. J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Mulyaningsih T, & Ratu N. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomor 1.

. Munandar, S.C.Utami. 2014. Kreativitas Dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Yogyakarta : Gramedia Pustaka Utama.

. Priatna, N &Sukamto, T. 2015. Matematika Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Grafindo Media Pratama. Putra H. Dwi, dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO). Vol 9, No1.

. Rahmawati, I. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP”. Skripsi.

. Setiyani. 2015. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif SiswaMelaluiPembelajaran”.

. Siswono, T. Y. Eko, 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Jakarta : Rosda.

. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

. Susanto, Ahmad. 2016. “Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Jakarta :Kencana.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Pasaribu, R. . (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1690

Issue

Section

Artikel