PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE MATH SOLVER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA¬ DIDIK KELAS X SMA

Authors

  • Shinta Simbolon Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1691

Keywords:

Discovery Learning Berbasis Komik, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik terhadap kemampuan literasi matematis siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik selama pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning berbasis komik sebesar 81.87, sementara nilai rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional hanya sebesar 76.45. koefisien determinasi sebesar 35% artinya sebesar 35% pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. Berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik

Author Biography

Shinta Simbolon, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Anggrieni, Novika, dan Ratu Ilma Indra Putri. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 473-474.

Antonius, dkk. 2019. Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Melalui Media Komik di SMK Katolik Santa Maria Pontianak. Jurnal ICoTE, 2(2), 280-287.

Aminah, Siti, dkk. 2019. Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems (OEP), Jurnal PRISMA, 2(2), 51-57.

Astuti, Puji. 2018. Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 1(1), 264-265.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Baharun, Hasan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure. Jurnal Cendikia, 14(2), 332.

Cahyono, A.N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta : DIVA Press.

Fathani, A.H. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal Peluang, 4(2), 141.

Faisal, dkk. 2017. Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Dengan Pembangunan Komik Elektronik. Jurnal Informatika, 1(2), 25.

Fitriyani, L.O., dkk. 2018. Project Based Learning: Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Tanggamus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 243-253.

Indah, Nur, Sitti Mania, Nursalam. 2016. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 198-210.

Kusuma, F.W., dan Mimin Nur Aisyah. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43-63.

Kamsiyatun. 2016. Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pancaran, 5(2), 92.

Manullang, Martua. 2014. Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 209.

Munayati, dkk. 2015. Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 188-206.

Nurrita, Siswateni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Misykat, 3(1), 107-187.

Nurdiana, dan Hesti Noviyana. 2019. Upaya Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Discovery Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 77-90.

Nurlatifah, dan Septi Ambarwati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 48-54.

Perdana, S.A, dan Slameto. 2018. Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 73-78.

Putri, E.N. 2018. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery. Jurnal Pendidikan Ke SD-an, 4(2), 369-374.

Pratiwi, Indah. 2019. Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia PISA Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71

Rifai, dkk. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 152-162.

Rahmawati, D.P. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Tema Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 576-585

Salmi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 1-16.

Sipayung, T.N., dkk. 2019. The Effect of Comic-Based Realistic Mathematics Approach on Improving Skill of Student’s Concept Understanding Multiculturalisme Educational, 5(1). 117-126. DOI: 10.5281/zenodo. 3575955.

Siagian, M.D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam PembelajaranMatematika. Journal Of Mathematics Education and Science, 2(1), 59.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Simbolon, S. . (2022). PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE MATH SOLVER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA¬ DIDIK KELAS X SMA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 185–200. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i2.1691

Issue

Section

Artikel