PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2020

Authors

  • Befriana Utami Haloho Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Donalson Silalahi Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Asset Structure, Profitability, Sales Growth and Capital Structure

Abstract

This study aims to determine and explain the effect of asset structure, profitability (return on equity) and sales growth on the capital structure of food and beverage companies on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2020 period. To achieve this goal, a research was conducted using secondary data taken from the Indonesian stock exchange with website: www.idx.co.id. By using purposive sampling, the research sample was 14 companies and used multiple linear regression as an analytical tool.   The results show that: First, asset structure has a positive and significant effect on capital structure, profitability (return on equity) has a negative and insignificant effect on capital structure and sales growth has a positive and significant effect on capital structure in food and beverage companies listed on the Indonesian Stock Exchangefor the 2015-2020 period. Second, variations in asset structure, profitability (return on equity) and sales growth are able to explain variations in capital structure by 21.9 percent.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Befriana Utami Haloho, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Brigham, Eungene F dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keungan II. Jakarta:Salemba Empat.

Chowdhury, Anup dan S.P. Chowdhury. 2010. Impact of Capital Structure on Firm’s Value: Evidence from Bangladesh. Business and Economic Horizons.Vol.3. October 2010. pp. 111-122

Kesuma, A. 2009.Analisis Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal serta pengaruhnya terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11, 38-45.

Maidah,I., dan Fuadati,S,R. 2016. Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukurann Perusahaan Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Perdagangan Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7).

Marfuah, S. A. dan Nurlaela, S. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal Perusahaan Cosmetics and Household di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Pajak.Vol.18, No.1, pp.16-30.

Martono dan Agus Harjito. 2004. Manajemen Keuangan. Edisi 1 Ekonomi : Yogyakarta.

Prima, Bayu. 2007. Pengaruh Aktiva dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI.Jurnal Manajemen Dan Bisnis.Universitas Negeri Semarang.

Riyanto, Bambang, 2001. Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan, edisi keempat, cetakan ketujuh, Badan penerbit fakultas ekonomi- Yogyakarta, Yogyakarta

Saidi. 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEI Tahun 1992-2002.Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 11, No.1, Maret 2004, Hal : 14-58.

Sambharakreshna, Yudhanta. 2010. “Pengaruh Size of Firm, Growth dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan.” Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik. JAMBSP Vol. 6 no.2, Februari

Sartono dan Ragil Sriharto. 1999. Faktor-Faktor Penentu Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Sinergi. Voll.2,Hal: 175-188.

Silalahi, D. (2015). Struktur Modal Perusahaan-Perusahaan Non Keuangan Yang Telah Go Public Di Bursa Efek Indonesia Berdasarkan Trade Off Theory. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15012015(1905), 1–21. https://sci-hub.tw/10.1002/iroh.1962047012.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik.Jakarta : Erlangga.

Suherman, et al. 2019.Pengaruh Struktur Aset, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 9, No. 2, Juni 2019

Supriyanto, Eko dan Falikhatun. 2008. Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 10, No. 1, 13-22.

Widyaningrum, Yunita. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2010-2013. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wijaya, Hadianto. 2010. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran, Likuiditas, dan profitabilitas terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Ritel di BEI: Sebuah pengujian Hipotesis Pecking Order. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7 (1): 71-82.

Wimelda, Linda. dan Marlinah, Aan. 2013. Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Non Keuangan.Media Bisnis.Pp: 200-2013.

Winahyuningsih, Panca., Kertati Sumekar, dan Hanar Prasetyo. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Ekonomi, Hal.1-17.

Yuke & Hadi Kesuma.(2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Publicyang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Majalah Sinergi, Edisi Khusus On Finance.

Yuni, dkk, 2010.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur. Universitas Udayana, Bali

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Haloho, B. U. ., & Silalahi, D. . (2023). PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2020. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi/article/view/2506

Issue

Section

Artikel