Penerapan Aplikasi Manajemen Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Dori Gusti Alex Candra Institut Teknologi Mitra Gama
  • Budi Permana Putra Institut Teknologi Mitra Gama
  • Irzon Meiditra Institut Teknologi Mitra Gama
  • Nurdi Afrianto Institut Teknologi Mitra Gama

Keywords:

Manajemen surat, Sistem Informasi, Waterfall, UML, Website

Abstract

Surat menyurat merupakan proses yang penting bagi instansi sejak dahulu hingga saat ini. Namun, seiring berjalannya waktu serta semakin menyebarluasnya perkembangan teknologi, kegiatan ini perlu mengalami pembaharuan untuk menyesuaikan diri dengan era digital guna untuk mempermudah proses surat menyurat. Pondok Pesantren Sabilul Jannah merupakan salah satu lembaga yang masih mengelola kegiatan surat menyurat secara konvensional. Dengan demikian, perlu dibangun aplikasi manajemen surat agar membuat proses surat menyurat atau pengarsipan menjadi lebih mudah dikelola dan lebih cepat. Agar dapat pembangunan sistem informasi sesuai dengan yang diharapkan, peneliti menggunakan metode waterfall, bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan didukung dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language) untuk membangun sistem. Setelah melewati berbagai tahap, sistem sudah berhasil dibangun dan digunakan oleh admin di tempat yang menjadi lokasi penelitian sesuai dengan yang diharapkan dalam proses analisis kebutuhan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi manajemen surat yang telah dibangun layak dan baik untuk digunakan. Aplikasi tersebut mempermudah pengelolaan kegiatan surat menyurat atau pengarsipan secara efisien dan tepat.

References

A. Husaein, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Surat (SIMURAT) Pada AKAKOM Stephen Jambi,” J. Ilm. Media SOSIFO, vol. 14, no. 2, pp. 130–137, 2020.

R. M. Syaban and H. Bunyamin, “Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut Menggunakan Framework PHP,” J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 301–311, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.301.

F. Masykur and A. Makruf Ibnu Pandu, “Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, pp. 1–7, 2015.

H. Trizaka, D. Sagita Rusdianto, and A. Hendra Brata, “Pengembangan sistem aplikasi persuratan elektronik berbasis web di fakultas ilmu komputer ( FILKOM ) Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 5115–5121, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5424/2545.

L. Ismi, M. Maulidiansyah, and W. Sya’roni, “Sistem Informasi Manajemen Konfeksi Pakaian di Ady Taylor Berbasis Website,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 4, pp. 1796–1808, 2021.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf.

R. A. S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Artikel