Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Pengenalan Pola Huruf Menggunakan Metode Bidirectional Associative Memory (BAM)

Authors

  • Rayendra Akademi Keperawatan Nabila

Keywords:

Kecerdasan Buatan, JST, Pengenalan Pola, Fungsi Aktifasi, Sigmoid

Abstract

Jaringan syaraf tiruan merupakan bagian dari ilmu kecerdasan buatan, Jaringan syaraf tiruan memiliki proses kerja sama dengan cara kerja otak manusia. Proses pengenalan pola dengan cara melihat nilai input apakah sama hasilnya dengan nilai output sehingga pola tersebut bisa dikenali oleh sistem itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode  Bidirectional  Associative  Memory  (BAM)  memiliki  kemampuan  sebagai associative memory atau content addressable memoryi yaitu memori yang dapat dipanggil menggunakan bagian dari informasi yang tersimpan di dalamnya.  Metode  Bidirectional Associative Memory (BAM) memiliki 2 lapisan dan terhubung penuh dari satu lapisan ke lapisan yang lainnya,  sehingga dimungkinkan adanya hubungan timbal balik antara  lapisan input dan  lapisan  output. Konsep algoritma bersifat  bidirectional dimana bobot sinyal akan dikirim dari lapisan Input X ke lapisan output Y . Bobot  akan dirobah menjadi nilai yang lebih halus dengan ketentuan hasil antara rang [1,0]. Fungsi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fungsi aktifasi sigmoid. Hasil  pengenalan pola huruf dari penelitian ini menggunakan system Matrik ordo 5x5 dengan inputan 3 Karakter yaitu karakter huruf S, O dan huruf X. Target Huruf S [1,-1] menghasilkan pola  [27 4] sesuai dengan target, Pola  huruf O [1.1]  menghasilkan pola  [27 -3] tidak sesuai dengan target dan huruf X [-1,1] menghasilkan pola  [-37 21] sesuai dengan target. Dengan demikian tidak semua pola bisa memperoleh target yang sudah ditentukan.

References

Zaitun, Warsito, & Pauzi, G. A. (2015). Sistem Identifikasi dan Pengenalan Pola Citra Tanda-Tangan Menggunakan Sistem Jaringan Saraf Tiruan ( Artificial Neural Networks ) Dengan Metode Backpropagation. JURNAL Teori Dan Aplikasi Fisika FMIPA Universitas Lampung, 03(02), 93–101.

Muliona Rizki, D. (2018). JARINGAN SYARAF TIRUAN PENGENALAN POLA HURUF. 2(1), 46–50.

Purba, S. (2019). Pengenalan Karakter Menggunakan Metode Bidirectional Associative Memory ( Bam ) Kontinu. 11(01), 89–101.

Octariadi, B. C., & Siregar, A. C. (2021). Pengenalan Pola pada Citra Tanda Tangan Online dan Offline menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropagation. 5(01), 49–56.

Euclides, N., Nugroho, W., Widiarti, A. R., Informa, T., Maguwoharjo, P., & Sleman, D. (2016). Transliterasi citra aksara hiragana mempergunakan jaringan backpropagation. 13(November), 182–192.

Haumahu, J. P. (2019). Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Notasi Balok Menggunakan Metode Backpropagation. 6(3), 255–259.

Ramadhani, I., Pratiwi, S. H., & Handayani, A. N. (2017). Analisis Jaringan Saraf Tiruan Pengenalan Pola Huruf Hiragana dengan Model Jaringan Perceptron. 11(1), 45–56.

Downloads

Published

2023-06-12

Issue

Section

Artikel